Gulfstream IV-SP Milik Helidosa Jatuh di Republik Dominika, 9 Orang Dilaporkan Tewas

0

MYLESAT.COM – Tujuh penumpang dan dua awak pesawat dilaporkan tewas, setelah pada Rabu malam (15/12/2021) pesawat Gulfstream IV-SP 2002 jatuh tak lama setelah lepas landas.

Sebelum jatuh, pilot berusaha melakukan pendaratan pengalihan (diversionary landing) di Bandara Santo Domingo Las Americas (MDSD) di Republik Dominika.

Menurut data penerbangan, pesawat yang terdaftar sebagai HI1050 itu lepas landas dari Bandara Santo Domingo La Isabela (MDJB) pukul 17.07 waktu setempat.

Pesawat dalam status penerbangan charter ini akan menuju Florida. Pesawat dioperasikan oleh Helidosa Aviation Group yang berbasis di Santo Domingo.

Namun tak lama setelah lepas landas, kru melaporkan masalah mekanis yang tidak spesifik dan meminta pendaratan di MDSD.

Pesawat twinjet ini jatuh tidak jauh dari MDSD pada pukul 17.22. Pesawat hancur karena tumbukan yang keras dan kebakaran pasca kecelakaan.

Di antara tujuh penumpang yang tewas adalah produser musik Puerto Rico Jose Hernandez, yang dikenal sebagai “Flow La Movie” beserta istri dan anaknya.

Helidosa Aviation Group menyebutkan dua awak pesawat sebagai Luis Alberto Eljuri dan Victor Emilio Herrera.

Helidosa mengatakan pihaknya bekerja sama dengan otoritas penerbangan Republik Dominika dalam penyelidikan kecelakaan.

Gulfstream IV (G-IV atau GIV) dan turunannya adalah keluarga pesawat twinjet yang banyak digunakan untuk kepentingan pribadi dan bisnis.

Pesawat ini dirancang dan dibangun oleh Gulfstream Aerospace, sebuah perusahaan General Dynamics berbasis di Savannah, Georgia, Amerika Serikat dari 1985 hingga 2018. Pesawt ditenagai oleh dua mesin turbofan Rolls-Royce RB.183 Tay.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply