USS New Jersey Diluncurkan, US Navy Tambah Kuat dengan Kapal Selam Nuklir Terbarunya

0

MYLESAT.COM – Huntington Ingalls Industries mengumumkan pada Kamis (28/4/2022) bahwa, kapal selam bertenaga nuklir kelas Virginia USS New Jersey (SSN 796) telah diluncurkan ke Sungai James di divisi Newport News Shipbuilding. Huntington Ingalls Industries adalah perusahaan pembuat kapal perang terbesar di Amerika Serikat.

Kapal selam seberat 7.800 ton, yang telah berada di dok kering terapung sejak dipindahkan dari fasilitas konstruksi pada bulan Maret, tenggelam dan dipindahkan dengan kapal tunda ke dermaga kapal selam untuk perlengkapan akhir, pengujian dan sertifikasi kru.

“Mencapai tonggak sejarah konstruksi ini adalah peristiwa yang sangat berharga bagi tim pembuatan kapal kami,” kata Jason Ward, wakil presiden konstruksi kapal selam kelas Virginia Newport News.

“Kami telah mendedikasikan kerja keras selama bertahun-tahun untuk kemampuan penting yang akan mempertahankan keunggulan bawah laut. Kami berharap dapat melaksanakan program uji lintas air, dan bekerja menuju uji coba laut sehingga dapat mengirimkannya ke Angkatan Laut,” jelasnya.

USS Virginia (SSN-774), kapal pertama di kelasnya yang sudah beroperasi sejak 23 Oktober 2004. Foto General Dynamics.

Melalui perjanjian kerja sama dengan General Dynamics Electric Boat, sekitar 10.000 pembuat kapal serta pemasok dari 50 negara bagian, telah berpartisipasi dalam konstruksi USS New Jersey sejak pekerjaan dimulai pada 2016.

Saat ini pengerjaan atas USS New Jersey sudah mencapai 92%.

Kelas Virginia adaah kapal selam serang cepat bertenaga nuklir, dibangun untuk spektrum yang luas dari misi laut dan pesisir untuk menggantikan kapal selam kelas Los Angeles yang dioperasikan Angkatan Laut AS saat ini. Beberapa kapal dari kelas Los Angeles sudah banyak yang dinonaktifkan.

Kapal selam kelas Virginia menggabungkan lusinan teknologi dan inovasi baru yang meningkatkan daya tembak, kemampuan manuver, dan siluman untuk secara signifikan meningkatkan kemampuan perang.

Kapal selam ini mampu mendukung beberapa area misi dan dapat beroperasi dengan kecepatan lebih dari 25 knot selama berbulan-bulan.

Kelas Virginia akan diakuisisi hingga tahun 2043. Diperkirakan akan tetap beroperasi hingga setidaknya tahun 2060, dengan kapal selam selanjutnya diharapkan tetap beroperasi hingga tahun 2070-an.

Kapal seharga 3,45 miliar dolar AS per unit (2021) ini direncananya akan dibangun hingga 66 unit. Hingga saat ini sudah 23 kapal berhasil dibuat.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply