Pentingnya Pendidikan, Kunjungan ke Akademi Angkatan Udara Jadi Agenda Pertama KSAU di AS

0

MYLESAT.COM – Hari pertama kunjungan resminya di Amerika Serikat, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo langsung menyambangi Akademi Angkatan Udara Amerika Serikat (United State Air Force Academy, USAFA) di Colorado, Selasa (17/5/2022) waktu setempat.

Jarak dari Washington ke Colorado cukup jauh dan perlu waktu tempuh penerbangan sekitar 2,5 jam. Untuk itu pihak tuan rumah Angkatan Udara AS (USAF) menyediakan pesawat khusus C-37 Business Jet.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Brigjen Paul D. Moga didampingi istri masing-masing. Foto: Dispenau

C-37 merupakan salah satu pesawat terhebat di kelasnya yang mampu menyediakan misi udara khusus di seluruh dunia. Pesawat ini dikembangkan dari Gulfstream V. USAF mengoperasikan varian A dan B.

Dalam surat permintaan USAF pada tahun anggaran 2018, disebutkan 40 C-37B tambahan untuk mengganti armada C-20 yang sudah pensiun. Pada TA 2021, armada C-37 mendapat anggaran untuk peningkatan SATCOM pita lebar sebagai bagian dari upaya Senior Leader Communication Modernization di seluruh armada eksekutif USAF.

Sebanyak 15 pesawat akan dimodifikasi untuk memastikan konferensi suara, data, dan video yang redundan, dapat bertahan, dan aman/sangat rahasia untuk C2 di seluruh dunia tanpa gangguan.

USAF menerima pengiriman C-37B keempat pada 2019, yang kelima pada 25 Maret 2020, dan memberi Gulfstream kontrak 127,4 juta dolar AS untuk dua pesawat tambahan untuk pengiriman September 2021.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Ibu Inong, tidak lupa menemui Taruna AAU Tri Bawono. Foto: Dispenau

Empat pesawat ini dioperasikan oleh 89th Airlift Wing’s 99th Airlift Squadron, Andrews Air Force Base, Maryland, masih di Washington.

Pesawat yang membawa KSAU dan rombongan, mendarat di Peterson Space Force Base, Colorado. Kedatangan KSAU disambut oleh Commandant of Cadets, Brigjen Paul D. Moga. Jenderal Moga menjabat sejak Mei 2021. Penerbang F-15 Eagle ini adalah satu dari 13 penerbang USAF yang menerima pelatihan pertama jet tempur F-22A Raptor dalam program Formal Training Unit (FTU) IP di 43rd Fighter Squadron, Tyndall AFB.

Di USAFA, Marsekal Fadjar menerima penjelasan tentang pelaksanaan kurikulum pendidikan dari Brigjen Linell Letendre yang merupakan salah satu dosen USAFA. Dalam kesempatan berharga itu, KSAU berkesempatan bertemu langsung dengan salah seorang Taruna AAU yaitu Tri Bawono Nugroho yang sedang melaksanakan pendidikan di USAFA.

Pada kesempatan tersebut, KSAU dan delegasi TNI AU mengunjungi sejumlah fasilitas pendidikan yang ada di USAFA. Di antaranya Center for Character and Leadership Development (CCLD) dan gedung akademis USAF (Fairchild Hall).

Selama di USAFA, KSAU didampingi oleh Assistent Deputy Under Secaf Int Affairs USAF Brigjen Teichert dan Atase Udara AS di Indonesia Kolonel Brian McCullough.

Turut mendampingi KSAU adalah Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsda TNI Eko Dono Indarto dan Atase Pertahanan RI untuk Amerika Serikat Marsma TNI Tjahja Elang Migdiawan.

Foto bersama KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan delegasi di depan USAFA. Foto: Dispenau

Selain mengunjungi USAFA, selama di Amerika Serikat, beberapa agenda utama KSAU adalah melaksanakan pertemuan dengan KSAU Amerika Serikat, Jenderal Charles Q. Brown Jr. dan Secretary of the Air Force, Frank Kendall.

Selain itu Marsekal Fadjar juga akan menerima penganugerahan Medali Legion of Merit dari pemerintah Amerika Serikat di Joint Base Anacostia-Bolling, Washington DC.

Delegasi TNI AU yang juga ikut dalam Counterpart Visit adalah Asintel KSAU Marsda TNI I Wayan Sulaba, Asops KSAU Marsda TNI M. Khairil Lubis, dan Gubernur AAU Marsda TNI Eko Dono Indarto.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply