KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, Tokoh Indonesia Kedua Menerima Legion of Merit dari Pemerintah Amerika Serikat

0

MYLESAT.COM – KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mendapat penghargaan Legion of Merit for Commander dari Pemerintah Amerika Serikat. Penganugerahan medali berlangsung di Joint Base Anacostia-Bolling, Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (19/5/2022).

Medali kehormatan tersebut dikalungkan langsung oleh KSAU AS, Jenderal Charles Q. Brown Jr., sebagai penghargaan dari Pemerintah AS atas jasa, prestasi dan pengabdian bagi negara yang juga memberikan sumbangsih luar biasa dalam mempererat hubungan Angkatan Udara Indonesia dengan Angkatan Udara AS, sebagai bagian dari upaya memelihara perdamaian di Kawasan Indo Pasifik.

Diotorisasi tahun 1942, Legion of Merit adalah dekorasi AS pertama yang dibuat khusus untuk menghormati warga negara lain yang memberikan sumbangsih kepada Amerika Serikat.

Medali ini juga diberikan kepada anggota Angkatan Bersenjata Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk perilaku yang sangat berjasa dalam kinerja pelayanan yang luar biasa kepada Amerika Serikat.

Legion of Merit for Commander

Legion of Merit memiliki ukuran lebar keseluruhan 57 mm. Terbentuk dari karangan bunga laurel emas di sudut berbentuk v di bagian atas yang menghubungkan cincin suspensi oval ke pita leher yang lebarnya 49 mm.

Legion of Merit terbagi atas empat derajat penerima. Terdiri dari Chief Commander, Commander, Officer, dan Legionnaire. Kesemuanya diberikan kepada tokoh atau anggota angkatan bersenjata negara asing berdasarkan kriteria yang diuraikan dalam Army Regulation 672-7 dan didasarkan pada pangkat atau posisi relatif penerima.

Chief Commander: Kepala negara atau pemerintahan. Namun gelar ini juga diberikan oleh Presiden Roosevelt kepada beberapa komandan Perang Dunia II Sekutu, biasanya untuk pendaratan atau invasi amfibi bersama. Sudah diberikan kepada 74 tokoh.

Commander: Setara dengan kepala staf militer AS atau posisi yang lebih tinggi, tetapi tidak untuk kepala negara. Derajat inilah yang diterima KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo. Medali Sudah diberikan kepada 143 tokoh, dengan KSAU penerima terakhir.

Officer: Jenderal atau perwira di bawah setara kepala staf AS, kolonel atau pangkat yang setara

Legionnaire: Semua penerima yang tidak termasuk kriteria yang di atas.

KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo didampinig Jenderal Charles Brown, melewati guard of honor sebelum menerima Legion of Merit. Foto: Dispenau

Dikutip sumber terbuka Wikipedia dituliskan bahwa Vice Admiral Michael Noonan dari Angkatan Laut Australia, menjadi penerima Legion of Merit ke-142 pada 28 Maret 2022. Dengan demikian berarti Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menjadi penerima ke-143, sekaligus orang Indonesia kedua yang menerima Legion of Merit for Commander.

Sebelumnya medali serupa diberikan kepada Jenderal TNI Andika Perkasa pada 3 Februari 2020 saat menjadi KSAD.

Keputusan memberikan medali ini tentu sepenuhnya menjadi kebijakan subjektif dari pemerintah AS. Seperti kita ketahui, pada masa kepemimpinannya sebagai KSAU di tengah pandemi, Marsekal Fadjar Prasetyo tetap memberikan kesempatan kepada kedua angkatan udara untuk melakukan sejumlah latihan bersama.

Mulai dari Cope West 2021 di Pekanbaru, Teak Spear Iron 2021 di Medan, AMX Bomber 2021 di Laut Sulawesi, Pacific Airlift Rally 2021 di Lombok, dan juga pengiriman taruna AAU untuk menempuh pendidikan di USAFA.

Dalam penjelasan oleh pembawa acara saat pengalungan Legion of Merit for Commander disebutkan bahwa dalam masa kepemimpinan Marsekal Fadjar Prasetyo, telah disepakati pengadaan pesawat angkut C-130J Super Hercules dan F-15EX Eagle.

Turut hadir dalam kegiatan penganugerahan mendali tersebut Athan RI Washington DC Marsma Tjahja Elang Migdiawan, Asintel KSAU, Asops KSAU, dan Gubernur AAU.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply