Makin Sempurna, China Luncurkan Kapal Induk Fujian yang Seukuran dengan Nimitz-class

0

MYLESAT.COM – Sebuah pencapaian luar biasa dibuat China dengan meluncurkan kapal induk terbaru. Kapal induk Type-033 Angkatan Laut China ini diberi nama Fujian dan diluncurkan pada Jumat, 17 Juni 2022 di Galangan Kapal Jiangnan, Shanghai.

Fujian adalah kapal induk terbesar dan paling mampu di armada Angkatan Laut China hingga saat ini. Pemilihan nama kapal induk ini mendapat sorotan media internasional karena sama dengan provinsi Fujian yang letaknya berseberangan dengan Taiwan yang diklaim China.

Kapal induk dengan teknologi peluncuran pesawat lebih canggih ini dirancang untuk melambangkan kekuatan militer negara China.

Kapal induk Type 003 adalah kapal induk generasi kedua China untuk Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) China.

Menurut Naval News, Type-003 sebanding dengan kapal iduk kelas kelas Nimitz dan Ford yang dioperasikan Angkatan Laut AS. Desainnya juga serupa dalam banyak hal.

Pada saat yang sama, ini merupakan evolusi dari dua kapal induk Angkatan Laut China pertama. Kapal ini dibangun di atas teknologi era Soviet.

Kapal induk terbaru ini diharapkan menggunakan propulsi listrik terintegrasi (IEP, integrated electric propulsion) dan sistem peluncuran pesawat model CATOBAR (Catapult Assisted Take-Off But Arrested Recovery) dan katapel elektromagnetik.

Sedangkan kapal induk China sebelumnya menggunakan tenaga konvensional dan meluncurkan pesawat dengan landasan ski.

Analis militer dan blogger China memuji kapal induk ini sebagai “jawaban China untuk USS Gerald R. Ford” yang ditugaskan pada 2017. Sebagian besar kemampuan Fujian masih belum diketahui. Sementara Ford adalah kapal induk terbesar dan tercanggih di dunia saat dibangun.

Meski tidak ada data resmi tentang kapal ini, sejumlah pihak mencoba menganalisa berdasarkan foto satelit. Diperkirakan kapal induk Fujian panjang lambung atau garis air 300 meter. Lebar maksimum 40 meter dan bobot lebih dari 85.000 ton.

Di China, di mana tanggal acara besar sering dipilih untuk simbolisme, media pemerintah menunjukkan bahwa peluncuran Fujian bertepatan dengan peringatan 55 tahun uji coba bom hidrogen pertama China yang sukses dan ulang tahun pertama misi luar angkasa berawak Shenzhou 12.

Pejabat yang dikutip di media pemerintah mengatakan bahwa kapal induk ini belum akan siap tempur selama lima tahun. Namun merupakan langkah penting dalam ambisi Beijing untuk mengembangkan angkatan laut blue water yang mampu memproyeksikan kekuatan jauh melampaui garis pantainya.

Kapal induk Fujian telah menjadi fokus yang kuat di antara pengamat militer dan negara-negara yang selama ini bermusuhan dengan China dan selalu melacak perkembangan angkatan laut China.

Peluncuran kapal induk Fujian ini merupakan tonggak utama dalam upaya multi-tahun Presiden China Xi Jinping untuk memodernisasi militer negara itu dan mengurangi ketergantungan pada pemasok militer asing.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply