Hampir 3.000 Personel Komcad Ditetapkan Wapres Ma’ruf Amin Pagi Ini di Pusdiklatpassus

0

MYLESAT.COM – Meriah dan menggetarkan. Sebanyak 2.974 personel Komponen Cadangan (Komcad) 2022 ditetapkan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin di lapangan Pusdiklatpassus, Kopassus Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (8/9/2022).

Dalam laporannya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan bahwa pembentukan Komcad berdasarkan amanat UUD 1945. Dalam UUD ditegaskan bahwa setiap warga negara berhak wajib ikut serta dalam usaha membela dan menjaga keamanan negara.

Sebanyak 2.974 personel Komponen Cadangan telah selesai mengikuti latihan pembentukan sekitar 3 bulan. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Dari terjemahan UUD itulah kemudian Menhan menginisiasi perekrutan laki-laki dan perempuan dari unsur warga negara melalui tahapan pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran, dan penetapan.

Di tengah lapangan basah dan cuaca sedikit mendung, penetapan 2.974 personel Komcad ini dihadiri oleh KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Pelatihan terhadap 2.974 personel Komcad ini dilaksanakan secara terpisah di tujuh tempat.

Terdiri dari Rindam II Sriwijaya melatih 490 orang, Rindam VI Mulawarman melatih 500 orang, Rindam XIV Hasanuddin melatih 500 orang, Komando Pendidikan Marinir TNI AL melatih 499 orang, Pusdiklat Kopasgat TNI AU melatih 500 orang, Pusdik Kowad melatih 50 peserta perempuan, dan Universitas Pertahanan melatih 475 orang.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menetapkan 2.974 personel Komponen Cadangan 2022. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan bahwa Komcad adalah bagian dari sistem pertahanan yang merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah negara untuk menegakkan kedaulatan dan menjaga keutuhan wilayah. Terlebih di lingkungan strategi internasional dan nasional yang dinamis dan penuh ketidakpastian seperti saat ini.

“Adanya bela negara bagi seluruh warga negara sebagaimana diamanatkan UUD 1945 adalah agar kita siap. Komponen Cadangan adalah salah satu ikhtiar untuk mempersiapkan kekuatan rakyat sebagai strategi antisipatif dalam menghadapi ancaman terhadap negara,” ungkap Wapres.

Selanjutnya Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan pesan kepada Komponen Cadangan (Komcad).

Pertama, pelatihan pertahanan Komcad didesain dalam perspektf yang luas, menggabungkan pola pertahanan konvensional dan ancaman non-tradisional.

Upacara penetapan Komcad dihadiri juga oleh ketiga Kepala Staf Angkatan. Foto: beny adrian/ mylesat.com

“Pertahanan modern, mengutamakan teknologi informasi dan komunikasi, serta peralatan canggih berbasis digital, perlu untuk dimasukkan di dalam kurikulum pelatihan,” jelas Ma’ruf.

Kedua, Ma’ruf menilai narasi yang optimistis dalam komunikasi publik terkait peran dan fungsi Komponen Cadangan perlu dikembangkan. Harapannya, muncul kesadaran dari seluruh anak bangsa untuk melakukan bela negara dalam berbagai bentuk.

“Kembangkan pelatihan yang kreatif dan kekinian agar program bela negara efektif menjangkau berbagai kelompok sasaran,” ucap Ma’ruf menyampaikan poin pesannya.

Defile Komcad usai mengikuti upacara oenetapan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Wapres Ma’ruf berpesan agar anggota Komponen Cadangan terus menjadi inspirasi bela negara bagi masyarakat setelah menyelesaikan pelatihan. Anggota Komponen Cadangan menjalani serangkaian latihan dasar kemiliteran.

Usai mengikuti upacara penetapan Komcad, dilanjutkan demonstrasi kemampuan seluruh anggota Komcad. Mulai dari bela diri, bongkar pasang senjata, halang rintang, sparko dan kalistenik serta defile pasukan.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply