Siang Ini, KSAU Lihat Langsung Tiga Jenis Pesawat AU Perancis di Terminal Selatan Bandara Halim

0

MYLESAT.COM – Hujan deras mengguyur Bandara Halim Perdanakusuma siang ini, Senin (12/9/2022), nyaris tiada henti. Sekejap reda, pesawat Airbus A400M Atlas mendarat disusul tiga Dassault Rafale, dan kemudian Airbus A330 MRTT.

KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo menyerahkan buku kepada Wakil KSAU Perancis Letjen Frederic Parisot. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Sungguh hari ini menjadi puncak dari kedatangan tim Pegase 22 Angkatan Udara Perancis di Jakarta. Total enam pesawat dilibatkan dalam misi Pegase 22 yang selesai mengikuti latihan Pitch Black di Darwin, Australia. Terdiri dari tiga Rafale, dua A400M, dan dua A330.

Hari ini Terminal Selatan Bandara Halim Perdanakusuma dipenuhi banyak tamu undangan. Selain pejabat Kementerian Pertahanan seperti Wamenhan Letjen TNI Herindra dan Sekjen Kemhan Marsyda TNI Donny Ermawan, juga hadir KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Wakil KSAU Marsdya TNI Gustaf Brugman.

Dassault Rafale. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Pihak Kedubes Perancis juga mengundang sejumlah media massa. Sebagian di antaranya berkesempatan mengikuti joy flight dengan A330 MRTT di daerah Pelabuhan Ratu. Sementara pejabat Kemhan dan TNI, mengikuti penerbangan dengan A400M. Salah seorang penerbang TNI AU, juga back seat di salah satu Rafale.

Kontingen AU Perancis masih akan berada di Jakarta selama dua hari ke depan. Selanjutnya akan kembali ke tanah airnya melalui Singapura dan Uni Emirat Arab.

Sebelum melihat langsung ketiga jenis pesawat AU Perancis yang tiba di Jakarta pada Sabtu kemarin, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo terlebih dahulu melakukan pertemuan dengan Wakil KSAU dan Pasukan Luar Angkasa Perancis, Letjen Frederic Parisot.

Penerbang TNI AU (kedua dari kiri), usia melaksanakan back seat di pesawat Rafale. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Banyak hal dibicarakan KSAU dengan penerbang Mirage 2000C yang mengantongi lebih dari 3.000 jam terbang, dan terlibat dalam sekitar 80 misi tempur. Usai pertemuan, kedua pimpinan Angkatan Udara ini saling bertukar cinderamata.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan TNI AU untuk mendapatkan penjelasan singkat tentang pesawat A400M dan Rafale yang dibeli Kemhan. Dalam forum Subject Matter Expert Exchange (SMEE) ini dibahas soal operasional dan pemeliharaan Rafale, A330 MRTT, dan A400M.

Sesungguhnya A330 MRTT masuk ke dalam daftar pesawat tanker yang diinginkan TNI AU. Namun pemerintah melalui Kemhan akhirnya memutuskan untuk membeli A400M, yang juga disertai kemampuan pengisian bahan bakar di udara.

KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo di kokpit pesawat A400M. Foto: beny adrian/ mylesat.com

Marsekal Fadjar kemudian melihat pesawat A330 MRTT yang baru saja mendarat. Setelah itu pesawat Rafale dan A400M. Di ketiga pesawat ini, KSAU merasakan langsung dan melihat kecanggihan kokpit pesawat AU Perancis ini.

Kehadiran Rafale dan A-400M menarik perhatian publik karena keduanya akan segera menjadi kekuatan utama TNI AU.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply