Hadiri Pembukaan Seoul ADEX 2023 di Korea Selatan, KSAU Saksikan Penerbangan KF-21/IFX Boramae

0

MYLESAT.COM – Dalam rangkaian kunjungannya ke luar negeri, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menghadiri pembukaan Seoul International Aerospace and Defense Exhibition (Seoul ADEX) di Seoul Airport, Selasa, (17/10/2023).

Baca Juga:

Seoul ADEX merupakan pameran dua tahunan yang menjadi ajang prestisius bagi industri dirgantara dan pertahanan internasional. Pameran akan berlangsung sampai 22 Oktober 20223.

Salah satu momen penting dalam kunjungan ini adalah penampilan perdana pesawat prototipe Korea Aerospace Industries (KAI) KF-21/IFX Boramae.

KSAU diapit dua penerbang uji TNI AU yang terlibat program pengembangan Boramae, yaitu Kolonel Pnb Mohammad Sugiyanto, S.T dan Letkol Pnb Ferrel Rigonald, MMOAS. Keduanya dipersiapkan sebagai pilot uji program KFX/IFX sejak 2009. Foto: Dispenau

Pesawat KF-21 model single-seat terbang sebagai bagian dari upacara pembukaan, bersama armada Angkatan Udara Republik Korea yang mencakup pesawat KAI FA-50, Boeing F-15K, Lockheed Martin F-16, Lockheed F-35, serta berbagai jenis pesawat pendukung seperti helikopter KAI Surion dan Airbus Defence & Space A330 MRTT.

Tidak hanya itu, sebuah KF-21 model twin-seat yang merupakan prototipe keenam dan kedua dengan dua kursi juga tampil dalam pameran. Pesawat tersebut menampilkan bendera Indonesia dan Korea Selatan, mencerminkan kolaborasi yang kuat antara kedua negara dalam pengembangan pesawat ini.

Momen penting dalam pameran ini adalah ketika KSAU bertemu dua penerbang TNI AU yang menjadi penerbang uji program Boramae. Keduanya adalah Kolonel Pnb Mohammad “Mammoth” Sugiyanto, S.T dan Letkol Pnb Ferrel “Venom” Rigonald, MMOAS.

Kolonel Pnb Muhammad Sugiyanto menerbangkan KF-21/IF-X Boramae pada Selasa, 16 Mei 2023. Sebagai backseater, Kolonel Sugiyanto menerbangkan prototipe Nomor 4 yang merupakan versi kursi ganda (tandem) Boramae di Pangkalan Udara Sacheon, Korsel. Penerbangan dilakukan bersama penerbang uji Jim Tae Bom dari KAI.

Letkol Pnb Ferrel Rigonald mendapat kesempatan yang sama pada 2 Juni 2023. Ferrel yang bertindak selaku backseater dari penerbang uji Park Ji Won dari KAI, menerbangkan prototipe Nomor 4.

Selain menyaksikan pameran, KSAU melaksanakan pertemuan dengan KSAU (Chief of Staff of the Air Force) Korea Selatan, Jenderal Jung Sang-hwa. Keduanya membahas berbagai hal untuk memperkuat hubungan antara kedua Angkatan Udara.

Selama kunjungannya, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengunjungi Chalet KAI, di mana ia berkesempatan untuk mendalami lebih lanjut perkembangan terkini dalam industri dirgantara.

Hubungan Indonesia khususnya TNI AU dengan Korea Selatan, sangatlah dekat. Selain terlibat dalam proyek pengembangan pesawat tempur generasi 4,5 yaitu F-21/IFX Boramae, TNI AU juga mengoperasikan dua pesawat buatan Korea Selatan. Keduanya adalah T-50i Golden Eagle dan KT-1B Wong Bee.

Kunjungan KSAU ke Seoul ADEX 2023 menjadi bukti bahwa kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan dalam mengembangkan teknologi pertahanan canggih, serta memperkuat hubungan bilateral di bidang pertahanan, khususnya teknologi alutsista kedirgantaraan.

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply