HH-60W, Wajah Baru Black Hawk yang Sangat Terkenal

Pabrikan raksasa spesialis helikopter, Sikorsky, yang sudah dimiliki oleh Lockheed Martin, mengumumkan pada 30 Mei pencapaian terbaru mereka.

Sikorsky telah menyelesaikan tahapan critical design review (CDR) untuk program Combat Rescue Helicopter (CRH) pesanan AU AS (USAF). Selanjutnya Sikorsky menyiapkan perakitan, pengujian, dan evaluasi terhadap helikopter HH-60W.

Tim gabungan Sikorsky dan USAF bertemu pada Mei lalu dengan mitra utama dari Pemerintah serta industri untuk melakukan evaluasi mendalam secara bersama. Tim CRH dan USAF akan bertemu kembali pada September mendatang untuk membahas sistem pelatihan CDR.

Sebelumnya pada Juni 2014, USAF memberikan kontrak kepada Sikorsky senilai 1,28 miliar dolar AS untuk pengembangan dan integrasi sistem misi dan platform serta mengirim empat heli HH-60W, berikut awak kabin, sistem pemeliharaan dan dukungan lainnya untuk USAF.

HH-60W merupakan varian tercanggih dari UH-60M Black Hawk.

Heli baru yang juga disebut dengan 60-Whiskey ini akan menggantikan HH-60G Pave Hawk yang sudah digunakan USAF sejak 1982.

HH-60W dapat menjalankan misi CASEVAC (casualty evacuation), MEDEVAC (medical evacuation), SAR, dan operasi pasukan khusus.

 

Teks: Beny Adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: