Demi Muluskan Rencana Pentagon di Asia Pasifik, USAF Aktifkan Super Galaxy

Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) tidak ada pilihan. Pesawat yang sudah dipensiunkan, yaitu pesawat angkut strategis C-5M Super Galaxy yang baru lalu dipensiunkan karena anggaran cekak, kembali dikirim ke sakdron operasional.

Pesawat raksasa ini memang memiliki kelebihan soal jarak jangkau terbang yang melebihi pesawat angkut yang dimiliki USAF saat ini.

C-5 Galaxy diperkenalkan pada akhir 1960-an sebagai pesawat angkut strategis yang mampu melintasisamudera tanpa mengisi ulang bahan bakar.

C-5 Galaxy dalah pesawat angkut terbesar yang pernah dibuat Amerika Serikat. C-5 memiliki tinggi 65 kaki dan rentang sayap 247 kaki. Ukurannya jauh melebihi C-17 Globemaster III.

C-5 mampu mengangkut maksimum kargo 135 ton. Dengan muatan tempur 60 ton kargo, C-5M mampu terbang dari Dover Air Force Base di Delaware ke Incirlik Air Force Base di Turki nonstop tanpa refueling. Menurut USAF, C-5M sanggup terbang sejauh 7.000 mil dalam keadaan kabin kosong.

Perbandingan C-5 dengan C-17.

USAF membeli 131 pesawat C-5 Galaxy antara tahun 1968 dan 1989. Namun sejak 2013, USAF memutuskan melakukan upgrade terhadap 52 pesawat untuk menjadi versi M Super Galax. Peningkatan kemampuan ini di antaranya dengan mengganti mesin lama TF-39 dengan F138.

Mesin baru ini memberikan tambahan tenaga 22 persen sehingga jumlah karga yang dibawap un menjadi tambah banyak. C-5M juga menerima glass cockpits, sistem otopilot baru, upgrade sistem navigation dan safety, sistem kendali terbang segala cuaca, serta instrumen mesin dan terbang baru.

Sayangnya, pemotongan anggaran dengan cepat menyingkirkan selusin C-5M. Armada USAF dari non-upgraded C-5A/B/C dan Super Galaxy merosot tajam dari 112 pesawat menjadi 56.

Lalu kenapa diaktifkan kembali?

Sesuai rencana Pentagon di Asia Pasifik, maka bagi USAF diterjemahkan akan ada banyak perintah terbang jarak jauh tanpa pengisian ulang bahan bakar.

Maka pada 31 Maret lalu, sebuah acara yang dihadiri wartawan, kepada Air Mobility Command mengatakan bahwa C-5 adalah satu-satunya pesawat angkut yang mampu melakukan penerbangan nonstop dari California ke Yokota Air Base di Jepang.

Kemampuan ini tentu tidak mungkin bisa dilakukan oleh C-17 Globemaster III yang menjadi andalan airlifter USAF saat ini.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: