Hankam

Fantastis, Harga Kapal Induk Gerald Ford Capai Rp 117 Triliun

Banyak masukan dari pengoperasian kapal induk USS Nimitz, dijadikan dasar oleh US Navy dalam mengembangkan kapal induk terbarunya, USS Geral R Ford (CVN-78).

Diakui bahwa USS Nimitz dirancang dengan mengakomodasi sejumlah teknologi baru selama beberapa dekade. Namun seiring zaman, Nimitz mulai memiliki keterbatasan dalam mendukung kemajuan teknologi.

Seperti laporan lembaga riset Rand pada 2005. Dikatakan bahwa persoalan terbesar yang dihadapi Nimitz class adalah terbatasnya kemampuan pembangkit listrik dan upgrade telah menaikkan berat kapal. Selain itu juga terjadi pengikisan pada center of gravity yang mempengaruhi kesimbangan kapal.

Karena itu kehadiran kapal induk baru menjadi keniscayaan. Rencananya akan dibuat 10 kapal Ford class. Namun hingga saat ini baru tiga kapal yang diumumkan. Yaitu Gerald R Ford, John F Kennedy, dan Enterprise.

Biaya selangit tentu jadi alasan yang tidak sederhana. Pada 2005, diperkirakan biaya pengembangannya 8 miliar dolar AS diluar 5 miliar dolar untuk riset dan pengembangan.

Pada 2009 dilaporkan, Ford menghabiskan 14 milair dolar termasuk riset dan pengembangan dengan anggaran sesungguhnya untuk kapalnya sendiri 9 miliar dolar alias sekitar Rp 117 triliun dengan kurs Rp 13.000.

Biaya operasi per hari sebuah grup serang kapal induk (termasuk pesawat) diperkirakan 6,5 juta dolar pada 2013 seperti dipublikasikan oleh Center for New American Security.

Karena itu, sejumlah inovasi diterapkan di USS Gerald R Ford. Berikut daftarnya:

  • Kabel pengait (arresting gear) canggih.
  • Sistem otomatis, ampuh kurangi hingga beberapa ratus awal kapal dibanding Nimitz class.
  • Rudal dipercanggih RIM-162 Evolved Sea Sparrow.
  • Radar multifungsi AN/SPY-3 X Band dan radar pencari volume AN/SPY-4 S Band. Dirancang bersama sebagai Dual Band Radar (DBR), awalnay dikembangkan untuk destroyer Zumwalt class.
  • Sistem lontar pesawat EMALS (Electromagnetic Aircraft Launch System) gantikan model steam catapults.
  • Reaktor nuklir baru Bechtel A1B yang lebih kecil, lebih ringan, dan lebih kuat.
  • Tampilan kapal siluman (stealth) untuk mengurangi tangkapan radar.
  • Mampu bawa hingga 90 pesawat dalam berbagai jenis.
  • Mampu laksanakan 160 sorti sehari selama 30 hari, dengan 270 sorti dalam keadaan genting.

 

Teks: beny adrian

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close