Kemampuan Militer China Bukan Lagi Olokan, Tapi Sudah Menakutkan

Mungkin beberapa tahun yang lalu, China pernah menjadi bahan tertawaan dan di bully dunia. Teknologinya dibilang minus dan ecek-ecek. Kita sendiri di Indonesia juga ikut mengolok dengan menertawakan telepon selular dan sepeda motor China.

Di dunia militer, itu juga terjadi. China pernah meluncurkan kapal selam nuklir di tahun 1970-an yang dicela-cela. Sekarang kapal selam itu sudah ada di museum. Hanya besar diomongan, tidak bisa menembakkan rudal saat menyelam, dan awaknya diterekspos radiasi tingkat tinggi.

Namun bola bergulir. Naga itupun sekarang mengaum sembari mengeluarkan api. Kapal selam terbaru China membuat Amerika Serikat gundah. China sekarang juga membangun pabrik kapal selam terbesar.

Apa saja yang sudah diraih China, berikut paparan singkatnya.

Kapal yang bisa terbang

Beberapa waktu yang lalu, China membuat debut pesawat amfibi terbesar yang berhasil taxi untuk pertama kali. Dinamakan AG600, pesawat amfibi ini dibuat oleh Aviation Industry Corporation of China, dengan ukuran sebesar Boeing 737. Pesawat dirancang lepas landas dan mendarat di air.

AG600 mampu menyedot air 13,2 ton air dalam 20 menit untuk misi pemadaman kebakaran. Untuk misi angkut, AG600 bisa membawa 50 penumpang dan terbang sejauh 4.500 km.

Kapal induk 

Selama bertahun-tahun China hanya mengoperasikan satu kapal induk Liaoning CV-16. Saat ini China mengembangkan kapal induk sendiri di Dalian. Belum punya nama, kapal induk konvensional ini akan beroperasi dalam beberapa  tahun ke depan. Kapal induk ketiga juga tengah dikembangkan.

Jet tempur siluman 

Kemajuan yang mengagetkan menyebutkan bahwa China sudah bisa membuat pesawat tempur siluman. Dikenal dengan kode J-20, sudah terbang Maret lalu. J-20 yang berukuran lebih besar dari F-22 Raptor, juga menggunakan teknologi terbaru seperti helm pintar cakupan 360 derajat, advanced radar dan sensor. China juga menguji jet tempur lainnya yaitu J-31 yang akan dioperasikan dari kapal induk.

Kapal mata-mata 

Januari lalu, China meluncurkan kapal intai terbaru CNS Kaiyangxing. Kapal ini memiliki kemampuan beroperasi di segala cuaca dan beroperasi tanpa henti. Diduga setengah lusin kapal ini sudah dioperasikan.
Rudal udara ke udara jarak jauh 
Masih di bulan Januari, diberitakan China sudah memiliki rudak udara ke udara jarak jauh yang mampu menembak target seperti pesawat peringatan dini dari jarak 400 km.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: