Hankam

Arab Saudi Siap Operasikan 24 Heli Serang AH-6i Little Bird

Dikembangkan oleh Boeing sejak era Perang Vietnam, helikopter mungil Hughes OH-6 Cayuse telah berevolusi semakin canggih dan mematikan karena kelincahannya.

AH-6i Little Bird adalah generasi terakhir yang sudah menggunakan mesin lebih kuat, payload bertambah, paket avionik terbaru yang memberikan peningkatan kemampuan hot and high.

AH-6i juga  dibekali arsenal senapan mesin 7,62mm dan 12,7mm serta rudal udara ke permukaan AGM-114 Hellfire. AH-6i juga memiliki interoperability dengan varian terbaru AH-64E Apache Guardian.

Heli inilah yang dipesan dan sudah diterima Arab Saudi pada 5 Juni lalu. Boeing AH-6i Little Bird merupakan heli serangan ringan dan memiliki kemampuan reconnaissance.

AH-6 yang dioperasikan US Army.

Batch pertama 12 heli untuk Saudi Arabian National Guard (SANG), dimana 9 sudah dikirim. Sisa 3 ditahan di Amerika Serikat untuk keperluan latihan. Total pesanan adalah 24 AH-6i.

Ke 24 heli yang dipesan ini akan dioperasikan oleh 1st Aviation Brigade di Lanud Khashm Al An dekat Riyadh, dan 2nd Aviation Brigade di Hofuf di pantai timur.

SANG saat ini mengoperasikan 24 Sikorsky UH-60M Black Hawk, 12 Boeing AH-64E Apache Guardian, dan 24 AH-6i yang dalam kontrak.

 

Teks: beny adrian

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close