Leonardo AW169 Dipinang Argentina

Pada April lalu, Leonardo menerima kontrak dari Gendarmería Nacional Argentina untuk pembelian satu unit helikopter AW169 sebagai langkah awal untuk rencana pembelian lainnya oleh Argentina.

AW169 akan menjadi heli terbesar Gendarmería (kepolisian).

Heli ini akan digunakan untuk tugas patroli perbatasan, khususnya menghadapi perdagangan nakotika. Pengiriman direncanakan pertengahan tahun ini.

Secara teknis heli akan dilengkapi kemampuan terhubung dengan NVG (night vision goggle compatible cockpit), cabin roof hooks, dan wire strike equipment.

Dalam kontrak juga dicantumkan kebutuhan cargo hook, external loudspeakers, rescue hoist, search light, fast roping and rappelling systems serta FLIR.

Pada Februari 2016, setidaknya sudah 20 AW169 dikirim ke berbagai pembeli di seluruh dunia. Baik untuk keperluan penerbangan EMS, VIP, angkut dan misi kilang minyak lepas pantai.

AgustaWestland AW169 adalah helikopter twin-engine dengan kapasitas 10 tempat duduk. AW169  dibuat oleh Divisi Helikopter Leonardo yang dulu dikenal sebagai Agusta Westland yang kemudian merjer dengan Finmeccanica sejak 2016.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: