Hankam

Pesawat Latih FTC-2000 Siap Dipasarkan China ke Dunia

Versi ekspor dari pesawat tempur ringan serbaguna FTC-2000 yang dikembangkan China, secara resmi digelindingkan dari pabrik di Anshun di barat daya Provinsi Guizhou, China, Senin (5/6).

Pesawat yang dilabur warna gurun itu dikembangkan oleh Guizhou Aviation Industry Corporation yang berada di bawah kendali BUMN Aviation Industry Corporation of China (AVIC).

Sebagai salah satu dari batch petama yang dibuat, FTC-2000 akan dikirim ke pihak pembeli setelah sejumlah prosedur dan pengujian dilalui.

FTC-2000 yang dijuluki Mountain Eagle atau Shanying dalam bahasa China, merupakan pesawat latih lanjut supersonik bermesin tunggal. FTC-2000 mampu mencapai kecepatan Mach 1,5 dan terbang hingga ketinggian 16.000 meter.

“Selain sebagai pesawat latih lanjut, FTC-2000 juga bisa dioperasikan sebagai pesawat tempur murni dengan kemampuan pertempuran baik udara ke udara maupun udara ke darat,” tutur Hu Jianxing, waklil manajer dan kepala desainer di AVIC Guizhou Aviation Industry Corporation.

FTC-2000 sudah menjalani tahap kritis Stall and Spin Flight Test yang dalam waktu dua detik mampu melakukan recovery.

FTC-2000 melaksanakan penerbangan perdana pada 13 Desember 2003. Pesawat ini sudah melaksanakan dua kali penampilan aerobatik dalam China Airshow di Zhuhai tahun 2006 dan 2016 .

Di China, FTC-2000 adalah pesawat latih lanjut utama yang dioperasikan oleh Angkatan Udara dan Angkatan Laut China.

Versi domestik dan ekspor memiliki platform yang sama. Keduanya menggunakan mesin WP-13 turbojet yang dikembangkan sendiri oleh China.

 

Teks: beny adrian

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close