Hankam

Hebatnya India yang Mampu Membuat Multi Barrel Rocket Launchers

Kemandirian industri pertahanan India tidak perlu diragukan. Negeri seribu film ini memproduksi sendiri hampir seluruh kebutuhan militernya, termasuk pesawat tempur. Ironi sekali jika dibandingkan dengan Indonesia.

Kemhan India telah menetapkan rencana untuk menaikkan tender pembelian 6 resimen peluncur roket multilaras Pinaka buatan dalam negeri senilai 2 miliar dolar AS. Setiap resimen akan terdiri dari 3 baterai dari 6 peluncur Pinaka yang dipasang di truk Tatra.

Diperkirakan tender akan disampaikan bulan depan sementara pesanan pembelian akan dilangsungkan dalam 18.

Pinaka dikembangkan oleh perusahaan negara DRDO dengan swasta nasional Tata Power SED and L&T.

Pinaka adalah pelontar roket berganda yang diproduksi India dan dikembangkan untuk angkatan darat India. Sistem ini memiliki jangkauan maksimum 40 km untuk Mark-I dan 65 km untuk Mark-II. Pinaka mampu menembak salvo menggunakan 12 roket HE dalam 44 detik.

Kemhan India sudah memesan 2 resimen yang terdiri dari 36 sistem. AD India Army ingin memiliki 22 resimen Pinaka pada 2026 termasuk 12 resimen Guided Pinaka.

Guided Pinaka adalah versi canggih Pinaka yang mampu menembakkan roket hingga jarak lebih 65 km.  India sudah melakukan dua uji pengembangan menggunakan kaliber 214mm Guided Pinaka awal tahun ini.

 

Teks: beny adrian

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close