Hankam

NATO Siapkan Latihan Besar di Eropa, Putin: Tidak Ada yang Selamat Jika Terjadi Perang

Ketegangan masih berlangsung antara Rusia dan Blok Barat yang dimotori Amerika Serikat. Saling gelar kekuatan dan latihan pun berlangsung di kedua kelompok.

Maka pada 11 – 20 Juli mendatang, NATO akan menggelar latihan besar di dekat perbatasan Rusia. Bulgaria, Hungaria, dan Rumania akan bertindak selaku tuan rumah dalam latihan berskala besar itu yang melibatkan ribuan prajurit NATO.

Latihan ini meliput penembakan amunisi hidup dari sistem pertahanan udara, latihan medan, lintas sungai dan latihan dalam situasi banyak korban berjatuhan

Mengutip dari US Army Europe, sekitar 25.000 prajurit akan berpartisipasi dalam latihan gabungan. Tujuan dari latihan Black Sea Region adalah untuk meningkatkan interoperabiliti di bawah komando yang disatukan. Sekaligus untuk menguji kecepatan reaksi pasukan NATO di Eropa.

Latihan tahun adalah yang terbesar dari yang pernah digelar.

Menurut sumber Komando Eropa Pentagon, sejumlah pembom B-1B Lancer akan bergabung dalam latihan serta 3 pembom B-52 Stratofortress. Sumber lain mengatakan bahwa 4.000 pelaut, 50 kapal dan kapal selam serta 50 pesawat akan terlibat dalam skenario latihan yang menyerupai perang sungguhan itu.

Latihan ini jelas-jelas memperburuk ketegangan yang telah terjadi antara Washington dan Moskow.

Pada Selasa (6/6), diberitakan bahwa jet Su-27 Rusia mengintersep B-52 di atas Baltik.

Kemarin dalam wawancara khusus sutradara film AS Oliver Stone dengan Presiden Vladimir Putin, dengan tegas Putin mengatakan bahwa “tidak ada yang akan selamat” jika terjadi perang besar antara Washington dan Moskow.

 

Teks: beny adrian

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close