Anggota US Navy SEAL Pun Terpilih Jadi Astronot Paman Sam

Kemarin (9/6), NASA mengumumkan daftar 12 astronot Amerika Serikat yang terpilih untuk mengikuti perjalanan ruang angkasa pada tahun 2020.

Mereka menyisihkan ribuan pendaftar yang melamar sejak tahun 2000. Pelamar mencapai 18.300 orang dari berbagai keahlian, sampai akhirnya NASA memilih 12 orang sebagai yang terbaik dan paling bersinar selama proses seleksi.

Daftar ini diumumkan Wakil Presiden Mike Pence pada Rabu lalu dari Johnson Space Center di Houston, Texas.

Nah, di antara para astronot itu terdapat satu nama mantan anggota US Navy SEAL. Ia seorang dokter lulusan Harvard Medical School. Pria berusia 33 tahun ini adalah Letnan Dr. Jonathan Kim.

Kim akan melapor untuk tugas ke Ruang Calon Astronot 2017 pada Agustus mendatang setelah karir panjang di Angkatan Laut, yang menempatkannya di lebih dari 100 operasi tempur seperti disampaikan pihak NASA.

Kim terdaftar di Angkatan Laut setelah lulus dari Santa Monica High School pada 2002. Pada saat itu ia menyelesaikan pelatihan di Naval Special Warfare dan bergabung dengan SEAL Team Three di San Diego.

Sembari tugas di SEAL, Kim memperoleh Bintang Perak dan Bintang Perunggu dengan Combat “V”. Ia dikirim ke Timur Tengah dua kali, baik sebagai tim kesehatan, sniper, navigator, dan point man.

Setelah menyelesaikan waktunya sebagai SEAL, Kim memutuskan mendaftar di University of San Diego dan mendapatkan gelar sarjana matematika dengan prestasi summa cum laude sebelum pindah ke Harvard Medical School, di mana dia menerima Doktor Kedokteran pada 2016.

Foto: NASA

Dia sekarang bekerja sebagai seorang dokter penduduk di Rumah Sakit Umum Massachusetts-Brigham dan Rumah Sakit Wanita.

“Tim dokter pengobatan darurat, ahli bedah ortopedi dan perawat menyelamatkan nyawa teman saya. Saat itulah saya menyadari ada panggilan yang lebih besar untuk saya, dan panggilan itu adalah soal kesehatan, “katanya dalam sebuah video yang menjelaskan mengapa ia memutuskan memasuki bidang medis.

Semua kandidat akan melapor pada Agustus untuk program pelatihan dua tahun di Johnson Space Center di Houston, Texas. Hanya 358 astronot yang telah diterima sejak 1959.

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: