Kejahatan Marak, Kapolda Metro Jaya Izinkan Warga Gunakan Stun Gun

Maraknya aksi kejahatan akhir-akhir ini di sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya, telah meresahkan warga. Davidson Tantono ditembak di SPBU Cengkareng, Jakarta Barat sementara Italia Chandra Kirana juga ditembak di Karawaci, Tangerang. 

Melihat situasi ini, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochmad Iriawan pun memberikan kesempatan kepada warga untuk menggunakan alat kejut elektronik alias stun gun guna membela diri dari pelaku kejahatan. “Kalau membela diri bisa. Silakan, tidak masalah asal ada perizinannya,” ujar Iriawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (13/6) seperti dikutip cnnindonesia.com.

Di dunia penerbangan, Korean Air diyakini sebagai satu-satunya maskapai yang secara rutin membawa senjata (stun gun) di kabin.

Stun gun alias electroshock, adalah alat beladiri yang sifatnya melumpuhkan sesaat. Stun gun memberikan efek kejut listrik untuk sementara waktu mengganggu fungsi otot dan atau menimbulkan rasa sakit tanpa menyebabkan cedera berarti.

Ada banyak jenis perangkat ini. Sifatnya hanya mengantarkan sengatan listrik dengan kontak langsung. Ada juga proyektor api Tasers yang memberikan kejutan melalui kabel fleksibel tipis. Kabel tipis ini menjadi semacam proyektil. 

Stun gun model lipstik.

Karena penggunaannya untuk kalangan sipil, ada beragam bentuk dan jenis stun gun. Bentuknya pun lucu-lucu. Bahkan ada yang didesain seperti telepon selular dan kotak lisptik. Meski lebih umum menyerupai pistol, tongkat, senter.

Stun gun dijual secara bebas. Jika Anda klik di situs ebay, bisa dilihat model yang disukai dan terjangkau oleh kocek. Harga terpampang yang masih terjangkau, berkisar dari Rp 100.000-an hingga Rp 1 jutaan.

Hanya perlu dicari tahu, bentuk perizinan seperti apa yang disiapkan Polri bagi warga yang ingin menggunakan stun gun. 

Anda khawatir di jalanan, tidak ada salahnya melengkapi diri dengan stun gun.

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: