Hankam

Antisipasi Serangan Korea Utara, Jepang Gelar Latihan Pengoperasian Rudal Patriot

Ancaman perang terbuka antara Jepang dengan Korea Utara atau Korea Utara dengan Korea Selatan, bukanlah isapan jempol. Hanya satu pemicu yang membuat Korut membuka serangan ke negara tetangganya itu.

Mengantisipasi serangan yang mungkin terjadi, hari ini Kamis (15/6), Jepang melaksanakan latihan pertahanan rudal dan udara menggunakan sistem Patriot.

Latihan selama satu jam itu berlangsung di pangkalan Komaki perfektur Aichi. Tidak ada penembakan peluru sungguhan dalam latihan.

Militer Jepang dilaporkan memindahkan Patriot ke pangkalan ini sebagai bentuk persiapan mengeliminasi setiap rudal yang diarahkan ke Jepang.

Dua latihan lainnya digelar di pangkalan yang lain di Jepang. Latihan dilaksanakan setelah Korea Utara melakukan uji penembakan rudal secara beruntun tahun ini, dengan beberapa proyektil jatuh di perairan di wilayah zona ekponomi eksklusif Jepang.

Patriot Advanced Capability-3 (PAC-3) merupakan sistem pertahanan rudal kecepatan tinggi yang mampu mencegat dan menjatuhkan rudal balistik, rudal jelajah dan pesawat.

Tahun 2016, Jepang memutuskan meningkatkan kemampuan Patriot PAC-3 untuk menghadapi 2020 Tokyo Olympic Games. Upgrade meliputi penambahan jangkauan dan akurasi untuk mampu mencegat lebih banyak rudal balisitk Korea Utara.

 

Teks: beny adrian

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close