Presiden Trump Akan Serahkan Medal of Honor Pertama kepada McCloughan

Presiden Donald Trump dalam waktu dekat akan menyerahkan Medal of Honor kepada veteran perang Vietnam. Anggota unit kesehatan Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) ini, James McCloughan, selama Perang Vietnam biasa dipanggil “Dok.”

McCloughan menyelamatkan banyak nyawa rekannya dalam Battle of Nui Yon Hill yang sengit tahun 1969. Untuk itu ia layak menerima penghargaan tertinggi militer AS: Medal of Honor.

Juru bicara militer Valerie L. Mongello mengatakan pada Selasa, bahwa pria 71 tahun dari South Haven, Michigan, itu akan menjadi orang pertama yang mendapat penghargaan militer tertinggi pada masa pemerintahan Presiden Trump.

“Saya merasa terhormat bisa menerima ini untuk 89 prajurit yang berjuang dalam pertempuran itu,” kata McCloughan, merujuk pada jumlah tentara Amerika, puluhan di antaranya terbunuh, terluka atau hilang selama 48 jam pertempuran melawan Vietnam Utara.

Foto tahun 1969 milik James McCloughan, ia bersama penerjemah peletonnya di Nui Yon Hill di Vietnam. Foto: James McCloughan

Sebagai prajurit pertama dengan usia 23 tahun saat itu, yang diperolehnya setahun setelah mendapatkan gelar sosiologi dari Olivet College, McCloughan berulang kali memasuki medan perang untuk menyelamatkan rekan-rekannya yang terluka.

McCloughan “secara sukarela mempertaruhkan nyawanya dalam sembilan kesempatan terpisah untuk menyelamatkan rekan-rekannya yang terluka dan frustasi,” ujar Gedung Putih dalam sebuah pernyataan email pada Selasa. “Dia menderita luka dari pecahan peluru dan tembakan senapan ringan pada tiga kesempatan terpisah, namun menolak evakuasi medis untuk tinggal dengan unitnya, dan terus dengan berani menerjang tembakan musuh untuk menyelamatkan, merawat, dan membela orang-orang Amerika yang terluka.”

Medal of Honor

McCloughan menggambarkan pecahan peluru tersebut sebagai “sengatan yang sangat buruk,” dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press di rumahnya di South Haven, tidak jauh dari Danau Michigan. “Tapi pada waktu itu saya merawat dua orang dan menyeret mereka pada saat bersamaan ke garis parit.”

“Saya melihat ke bawah, dan saya dipenuhi darah,” kenangnya tentang luka yang menyebabkan seorang kapten menyarankan agar ia meninggalkan medan perang untuk menerima bantuan. Secara keseluruhan, Pentagon memuji McCloughan dengan menyelamatkan nyawa 10 anggota. “Itu dua hari terburuk dalam hidupku,” ujarnya.

McCloughan telah mendapatkan banyak penghargaan sebelumnya, seperti Combat Medical Badge, dua Bronze Stars, US Army Valorous Unit Citation dan National Defense Medal. Dia juga mendapatkan dua Purple Hearts.

McCloughan keluar dari US Army pada 1970, dan selama empat dekade berikutnya mengajar psikologi dan sosiologi serta melatih sepakbola, baseball dan gulat di South Haven High School sebelum pensiun tahun 2008.

Kemudian, Menteri Pertahanan Ash Carter, merekomendasikan McClough menerima tahun lalu. McCloughans menangis saat mendapat berita medali ini.

James C. McCloughan lahir 30 April 1946. McCloughan direncanakan akan menerima Medal of Honor pada 31 Juli 2017 yang akan menjadi medali pertama pada masa Trump.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: