Type 071 China: Harganya Hanya Sepertiga Dibanding Kapal Sekelas dari Amerika

Kapal kelima Yuzhao-class (Type 071) dari jelas LPD (landing platform dock) milik Angkatan Laut China, diluncurkan pada 15 Juni di galangan kapal Hudong-Zhonghua di Shanghai.

Uji coba laut sebelumnya selama 12 bulan, sudha menjadi sebuah indikasi bahwa kapal kelas terbaru ini kemungkinan akan mulai berdinas Juni 2018.

Type 071 LPD memiliki panjang 210 meter dan berat lebih 20.000 ton. Kapal dilengkapi hangar yang mampu menampung lebih dari 4 helikopter angkut sedang seperti Harbin Z-8. Kapal juga mampu membawa 4 kapal pendarat Yuyi-class (Type 726) yang ditempatkan di dek bawah.

Untuk misi amfibi, Type 071 LPD mampu mengangkut antara 600 hingga 800 prajurit.

Kapal pertama di kelas ini ditugaskan pada 2007, dan tiga kapal pertama semuanya dialokasikan ke Armada Laut Selatan Angkatan Laut China  (PLAN). Setelah selisih empat tahun produksi, kapal keempat hadir dan mulai beroperasi Februari 2016. Kapal terbaru yang diluncurkan ini diharapkan bisa dialokasikan ke armada ini.

Semua kapal kelas dibangun di galangan kapal Hudong-Zhonghua. Pantauan satelit menunjukkan lebih banyak modul LPD di dermaga, yang mengindikasikan perakitan kapal keenam akan dimulai segera.

Konsorsium China State Shipbuilding and Trading Corp menawarkan Type 071 modifikasi kepada Angkatan Laut Malaysia. Malaysia menyaratkan LPD memiliki berat 13.000 ton.

Biayan yang dibutuhkan untuk membangun Type 071 hanya sepertiga jika dibanding LPD San ​​Antonio milik Amerika. Dilaporkan juga bahwa Mesir akan membeli kapal amfibi ini

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: