USS Fitzgerald, 1 dari 15 Kapal Perang AS yang Mampu Menghadapi Rudal Balistik

USS Fitzgerald (DDG-62), yang namanya diambil dari nama perwira Angkatan Laut Amerika Serikat semasa Perang Vietnam, A.L. William Charles Fitzgerald, adalah kapal perusak kelas Arleigh Burke.

USS Fitzgerald dibuat oleh Bath Iron Works di Bath, Maine pada 9 Februari 1993. Kapal ini diluncurkan pada 29 Januari 1994 dan ditugaskan 14 Oktober 1995 di Newport, Rhode Island. USS Fitzgerald berpangkalan di Naval Station San Diego, California. Saat ini berbasis di Yokosuka, sebagai bagian dari Destroyer Squadron 15 Armada ke-7 Amerika Serikat.

Pada awal April 2004, diumumkan bahwa USS Fitzgerald akan menjadi satu dari 15 kapal perusak dan 3 kapal penjelajah yang digunakan untuk menghadapi ancaman rudal balistik. Kapal tiba di Yokosuka, Jepang pada 30 September 2004 untuk bergabung dengan Armada ke-7 setelah berpartisipasi dalam pertukaran personel yang dikenal dengan “Swap Super”.

Badge USS Fitzgerald. Foto: wikipedia

Sebanyak 140 pelaut destroyer USS O’Brien dipindahkan ke Fitzgerald dan 95 pelaut Fitzgerald bergabung dengan O’Brien.

Pada Maret 2011, bersama kapal induk Ronald Reagan, USS Fitzgerald ditempatkan di timur laut Honshu, Jepang untuk membantu pasca gempa dan tsunami Tōhoku.

Pada 16 November 2011, saat berlabuh di Manila, Filipina, USS Fitzgerald bertindak sebagai lokasi saat Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton dan Sekretaris Urusan Luar Negeri Filipina Albert del Rosario, menandatangani Deklarasi Manila yang meminta perundingan multilateral untuk menyelesaikan perselisihan maritim dan untuk memperingati 60 tahun American-Philippine Mutual Defense Treaty.

Commanding Officer (CO) USS Fitzgerald adalah seorang perwira Angkatan Laut Amerika Serikat yang merupakan perwira paling senior di kapal. Seorang CO adalah pemegang otoritas tertinggi di USS Fitzgerald. Sampai saat ini, ada lima belas perwira yang pernah dan sedang menjadi komandan di Fitzgerald.

USS Fitzgerald dengan panjang 154 meter ini ditenagai oleh 4 mesin gas turbin General Electric LM2500-30. Kapal yang memiliki kecepatan 30 knot ini mampu membawa 2 helikopter Sikorsky MH-60R.

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: