Info

Coba Membantu, Turki Kirim 5.000 Ton Makanan ke Qatar

Meski mendapat blokade dari hampir seluruh negara Timur Tengah, Qatar masih mendapat “teman” dari Turki. Pemerintah Turkimengirimkan 5.000 ton makanan ke Qatar. Blokade diterima Qatar karena dituduh mendukung kelompok teroris.

Turkish Economy Minister Nihat Zeybekci said Saturday.

“Sekitar 5.000 ton makanan dikirim ke Qatar menggunakan 71 penerbangan. Pengapalan akan dimulai minggu ini, sementara truk sudah jalan,” ujar Menteri Ekonomi Turki, Nihat Zeybekci.

Seperti diberitakan, pada 5 Juni, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Doha serta menghentikan semua komunikasi dengan Qatar. Kemudian, Maldives, Mauritius, dan Mauritania juga mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik. Jordania dan Djibouti mengurangi level misi diplomatik di Qatar. Senegal, Niger dan Chad memanggil pulang duta besarnya.

Pemimpin Turki, termasuk Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Menlu Mevlut Cavusoglu, telah berulang kali menyerukan Raja Arab Saudi, Salman Abdulaziz Al Saud untuk mengambil upaya damai dalam mengatasi krisis. Erdogan, secara khusus, mengkritik sanksi yang diberlakukan terhadap Qatar dan mengatakan bahwa tindakan tersebut tidak mencerminkan cita-cita Islam.

 

Teks: beny adrian

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close