Info Buku: TANK – The Definitive Visual History of Armored Vehicles

Tema bahasan alutsista seakan tak ada habisnya untuk dikupas. Sebagai salah satu alutsista utama, tank merupakan salah satu yang tergolong banyak dibahas serta diterbitkan buku-bukunya.

Mulai dari sejarah hingga bahasan misi, boleh dibilang selalu saja ada sudut pandang atau aspek baru yang dibahas. Sehingga kendati sudah begitu banyak buku mengenai tank, tetap saja ada buku baru diterbitkan. Salah satunya adalah buku terbitan Dorling Kindersley, Inggris ini.

Meski judul utamanya “Tank”, namun buku ini tak melulu bicara (khusus) mengenai tank. Menilik subjudulnya saja sebetulnya sudah jelas bahwa bahasan pokoknya adalah mengenai kendaraan tempur lapis baja (armored vehicle) dengan alutsista tank sebagai inti bahasan dan “roh” utama buku yang kaya akan ilustrasi ini.

Ilustrasi yang menggoda. Foto: Amazon

Sesuai yang tercantum dalam judulnya, kekuatan buku ini terletak pada aspek visualnya yang sangat kental, kalau tak mau dibilang paling menonjol.

Meski demikian, narasi dan keterangan gambar pun tak kalah menarik dan informatif. Dengan kata lain, detail ilustrasinya memanjakan mata sementara sajian informasinya tetap mampu membuka wawasan bagi yang sudah banyak membaca buku perihal tank sekalipun.

Walaupun mungkin pembaca mylesat.com sudah banyak memiliki buku perihal tank, buku ini tetap layak dikoleksi. Banderolnya memang tak bisa dibilang murah, namun hal itu ditebus oleh kualitas kertas dan isi yang sepadan.

Penggila buku yang jeli akan menyadari banyaknya buku-buku perihal tank “bercita rasa Eropa”. Hal itu pantas dimaklumi, karena asal muasal tank serta penggunaannya berakar dari benua tersebut.

Inggris dan Perancis adalah dua negeri pelopor penggunaan tank. Demikian pula tiga pilar desain tank yang terus melekat hingga kini yaitu lapisan proteksi (armor), daya gempur (firepower) serta mobilitas di medan berat (off-road mobility), konsepnya dimatangkan oleh negara-negara Eropa.

Judul                       : TANK – The Definitive Visual History of Armored Vehicles
Penerbit                 : Dorling Kindersley Publishing – Inggris
Bahasa                    : Inggris
Project Editor     : Hugo Wilkinson
Terbit                       : April 2017
Genre                       : military non-fiction
Halaman                 : 256 halaman
ISBN                         : 9780241250310

Teks: antonius kk

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: