Sniper Kanada Pecahkan Rekor Dunia Tembakan Terjauh: 3,5 Kilometer!

Para penembak runduk (sniper) Kanada kembali mencetak rekor terhebat.

Seperti diberitakan banyak media dan disampaikan resmi oleh Kemhan Kanada, sniper Kanada di Irak berhasil menembak militan ISIS di Mosul dari jarak lebih 2 mil alias sekitar hampir 3,5 kilometer beberapa waktu yang lalu. Prestasi ini langsung disebut sebagai rekor dunia yang terkonfirmasi dalam sejarah militer.

Sang penembak, yang namanya tidak disebutkan untuk alasan keamanan, adalah gun specialist dari unit elite Joint Task Force 2. Sang prajurit meraih prestasi saat berada di sebuh gedung tinggi dalam sebuah misi dalam 30 hari terakhir di Mosul, seperti dikutip USA Today dan Globe and Mail dari Toronto.

Dalam aksinya, prajurit ini menggunakan senapan sniper McMillan TAC-50. Proyektilnya melesat sejauh 3.540 meters dalam waktu sekitar 10 detik untuk mencapai targetnya. Rekor ini melewati jarak mutlak sebelumnya yang mencapai 2.475 meter.

Rekor yang diraih prajurit Kanada ini bahkan melewati jarak terjauh yang pernah dicapai pabrik pembuatnya saat uji coba. Jarak terjauh yang dicapai pabrikan McMillian Firearms adalah 2.743 meter.

Senapan sniper McMillan TAC-50. Foto: wikipedia

McMillan TAC50 yang dikenal juga sebagai C15 Long Range Sniper Weapon di lingkungan militer Kanada, merupakan senapan bolt action yang menggunakan kaliber .50 (12,7mm). Magasinnya berisi 5 butir peluru. Senapan ini sudah digunakan Kanada sejak tahun 2000.

Rekor ini sangat dipertanggungjawabkan, karena diverifikasi secara independen oleh kamera video dan data lainnya.

Umumnya tim sniper, termasuk di militer Kanada, beroperasi dalam unit 2 orang (two-man). Satu orang berlaku sebagai spotter dengan bekal laser range-finder dan komputer kecil, sementara satu lagi sebagai eksekutor alias penembak.

Rekor sebelumnya, seperti dicatat Guinness World Records, diraih sniper Inggris Craig Harrison yang berasal dari United Kingdom’s Household Cavalry.

Harrison menewaskan dua gerilyawan Taliban dari jarak 2.474 meter, atau satu setengah mil pada November 2009 di Afghanistan. Dalam hal ini, dibutuhkan waktu hampir tiga detik untuk mencapai target.

Berikut tabel daftar rekor tembakan terjauh sniper seperti dikutip globalnews.ca.

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: