Tunjukkan Superioritasnya, China Donasikan Ranpur CS/VN3 untuk Belarusia

Ada banyak cara dilakukan negara besar untuk menunjukkan eksistensinya kepada dunia. Pengamat militer Kusnanto Anggoro pernah mengatakan kepada mylesat.com, di antara yang dilakukan negara superpower adalah aktif memberikan bantuan saat bencana alam, mengirimkan pasukan ke daerah konflik, dan memberikan bantuan militer kepada negara lain yang tentu sahabatnya.

Tindakan inilah yang mulai dilakukan China dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti 21 Juni lalu, China mendonasikan 36 unit kendaraan tempur CS/VN3 4×4 kepada Belarusia. Pengiriman batch pertama pada 21 Juni dan selanjutnya bertahap dikirim ke Belarusia.

Menurut pihak China, ranpur ini sudah dimodifikasi sebelum diserahkan kepada Belarusia. Selanjutnya pengawasan dan pengoperasi dilakukan oleh pihak dari Rusia.

Saat ditampilkan pertama saat Zhuhai Air Show 2014, CS/VN3 dengan penggerak 4×4 ini merupakan ranpur untuk pasukan lintas udara China.

Melihat bentuknya, CS/VN3 sangat jelas merupakan ranpur ringan pengangkut personel yang sangat mudah dimobilisasi menggunakan pesawat angkut.

Mesin dan transmisi ditempatkan di bagian daepan kendaraan. Seperti umumnya ranpur modern, CS/VN3 pun sudah menggunakan suspensi independen. Sementara pengemudi berada di bagian depan sisi kiri dan komandan kendaraan di sebelahnya. Sebuah pintu tunggal tersedia di setiap sisi hull dan satu lagi di belakang.

Kemampuan renang pun mudah diaktifkan hanya dalam waktu dua menit saja untuk membuat dua propeller mulai mendorong ranpur.

Secara umum, CS/VN3 mempunyai keepatan maksimum 100 km/jam dan mampu beroperasi sejauh 800 km. CS/VN3 mampu mengangkut 7 prajurit terdiri dari pengemudi, gunner, komandan dan 4 prajurit.

Bagi Belarusia, kerjasama dengan China bukanlah hal baru. Sebelumnya pada 2015, China memasok Belarusia dengan kendaraan FAW HongQi L5 (Red Banner,) dan sebelumnya lagi mengirimkan DongFeng Mengshi EQ2050 yang dikenal sebagai Bogaty.
 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: