KSAU Terima Bintang Bhayangkara Utama

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP mendapat penghargaan Bintang Kehormatan Bhayangkara Utama dari Presiden Republik Indonesia.

Penyematan Bintang dilakukan langsung oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian di Mabes Polri, Jakarta, Rabu, (5/7). Bintang Bhayangkara Utama merupakan penghargaan tertinggi bagi institusi Polri.

Penganugerahan Bintang Bhayangkara Utama berdasarkan keputusan Presiden Nomor 55/TK/Tahun 2017 tanggal 9 Juni 2017 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara dan Surat perintah Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor Sprin/1354/V/2017 tanggal 31 Mei 2017 tentang pelaksanaan peringatan Hari Bhayangkara ke-71 Tahun 2017.

Ikut hadir dalam penganugerahan bintang Bhayangkara Utama antara lain KSAD Jenderal TNI Mulyono, KSAL Laksamana TNI Ade Supandi, para Asisten KSAU, Pangkohanudnas Marsda TNI Yuyu Sutisna dan Pangkoopsau I Marsda TNI Imran Baidirus.

Pemberian bintang sebagai apresiasi Polri kepada TNI Angkatan Udara yang dinilai berjasa membantu memajukan dan mengembangkan Polri sekaligus meningkatkan soliditas Polri dan TNI/TNI AU.

Bintang Bhayangkara adalah bintang penghargaan yang dinugerahkan oleh Polri sebagai bintang kepahlawanan untuk anggota kepolisan yang telah menunjukkan keberanian, kebijaksanaan dan ketabahan luar biasa melampaui panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.

Bintang Bhayangkara berbentuk seperti dilukiskan dalam gambar, adalah sebuah bintang berhias bersudut lima dengan garis tengah 45 mm, di sebelah muka terdapat perisai Kepolisian.

Bintang Bhayangkara dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara  Pratama, dan Bintang Bhayangkara  Nararya.

Bintang Bhayangkara Utama disertai Patra yang bentuk dan kombinasi warnanya sama dengan bintangnya, berukuran garis tengah 75 mm.

Bintang Bhayangkara Utama mempunyai bintang dan hiasan sinar-sinar yang dibuat dari logam berwarna emas, sedangkan lingkaran yang terdiri dari padi dan kapas, pita dengan tulisan Bhayangkara dan ketiga bintang kecil serta perisai lambang Kepolisian dibuat dari logam berwarna perak.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: