Melangkah Mantap, Senapan AK-12 Lolos Semua Ujian di AB Rusia

Selamat untuk senapan lansiran keluarga Kalashnikov.

Karena baru saja, Kalashnikov Concern menyampaikan bahwa senapan serbu AK-12 kaliber 5.45mm yang mereka desain ,telah lolos semua bentuk uji di lingkungan militer.

Dari uji lapangan oleh militer Rusia, disampaikan bahwa senapan ini memenuhi semua persyaratan operasi dan desain dari Angkatan Bersenjata Rusia.

Pernyataan positif ini membuka jalan bagi diterimanya AK-12 sebagai senjata standar individu dalam program sistem prajurit masa depan Ratnik Rusia (Warrior).

Dengan mengusung kaliber ruang 5,45x39mm, senapan serbu baru AK-12 adalah satu dari sembilan senapan baru yang dikembangkan untuk program Ratnik, yang juga mencakup senapan serbu 7,62x39mm dan puluhan peralatan tempur.

AK-12 lolos semua bentuk ujian di militer Rusia. Foto: Kalashnikov

Pengembangan AK-12 dimulai tahun 2011 sebagai usaha pribadi oleh Kalashnikov Concern (sebelumnya Izhmash).

Didasarkan dari AK-200, prototipe AK-12 diperkenalkan pada Januari 2012. Sementara generasi pertama AK-12 dengan improvisasi kenyamanan diuji, militer Rusia mengajukan perubahan desain dan berharap senapan lebih murah untuk dibuat.

Maka sebagai hasilnya, generasi kedua AK-12 kaliber 5,45mm diperkenalkan yang dikembangkan dari AK-400 dengan desian yang disederhanakan.

Program AK-12 sejalan dengan varian kembarannya senapan serbu AK-15 kaliber 7,62x39mm dan senapan pendukung ringan 5,45mm RPK-16.

Sejalan dengan pengembangan AK-12 dan AK-15 yang akan melengkapi prajurit Rusia dengan Ratnik, Kalashnikov Concern juga mengembangkan paket upgrade AK-74.

Ini termasuk popor lipat dan teleskopik, penutup receiver, handguard dan forearm dengan rel Picatinny serta selektor penembakan yang lebih ergomomik plus hand grip. 

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: