Lanud Rembiga Gelar Deteksi Dini HIV/AIDS

HIV dan AIDS adalah jenis penyakit mematikan yang tercatat sebagai salah satu pembunuh terbesar manusia. Penyakit yang menular melalui kontak langung ini, masih menjadi momok karena masih adanya stigma negatif di dalam masyarakat terhadap pengidap HIV/AIDS. Karena itu, mencegah secara dini adalah cara terbaik.

Menjadi bagian dari pembinaan personel di lingkungan Lanud Rembiga, Nusa Tenggara Barat, Komandan Lanud Rembiga Kolonel Pnb Dodi Fernando mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan yang merupakan program kerja dari Seksi Kesehatan Lanud Rembiga, yang dilaksanakan hari Rabu (12/7).

Pemeriksaan dilakukan seusai apel pagi yang melibatkan seluruh personel baik perwira, bintara, tamtama maupun PNS. Pemeriksaan ini untuk mengetahui sekaligus sebagai upaya deteksi dini dan cegah dini bagi para personel Lanud Rembiga dari penyebaran penyakit HIV/AIDS.

Virus imunodifisiensi manusia (human immunodeficiency virus) atau biasa disebut virus HIV merupakan virus yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi atau dengan kata lain, kehadiran virus ini dalam tubuh akan menyebabkan kekurangan sistem imun.

Kakes Lanud Rembiga Kapten Kes dr. Dwi Yanti EP menekankan bahwa tes ini penting sebagai deteksi dini, karena makin cepat terdeteksi dan ditangani maka makin efektif hasil pengobatan HIV.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: