Siswa Sekbang PSDP Hampir Tuntaskan Latihan Terbang Malam

Sudah hampir sepekan ini langit malam Yogyakarta dihiasi dengungan pesawat latih Grob milik Skadron Pendidikan 101 Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta.

Benar sekali, karena saat ini mendekati akhir dari latihan terbang malam calon penerbang militer di Sekolah Penerbang Lanud Adisutjipto.

Latihan Terbang malam diperuntukan meningkatkan profesionalisme para calon penerbang baik keahlian maupun kemampuan.

Baca KSAU Lantik 46 Penerbang Baru: “Budaya Airmanship Jadi Pegangan Awal Seorang Penerbang”

Momen penting ini dimanfaatkan oleh siswa PSDP A-31 Sekbang Angkatan-94 berlatih dengan para instruktur penerbang Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto. Latihan dilaksanakan sejak Selasa malam (23/8) hingga Rabu (30/8).

Menurut Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, latihan terbang malam memiliki kesulitan lebih tinggi karena hanya mengandalkan instrumen di kokpit.

Baca Mau Jadi Prajurit TNI AU, Ini Kesempatannya

“Demi keberhasilan tugas dan kegiatan dapat berlangsung dengan aman dan selamat, masing-masing pihak harus selalu bertindak sesuai prosedur, memahami, menghayati dan selalu membekali diri akan makna lambangja,” ujarnya.

Baca Lebih 1.000 Pilot Muda Indonesia Nganggur, Ada yang Bisa Beri Solusi?

Latihan seperti ini tidak hanya bermanfaat bagi para penerbang, tapi juga meningkatkan kesiapan ground crew.

Ditambahkan Komandan Skadron Pendidikan 101 Letkol Pnb HS. Romas, latihan terbang malam Sekbang TNI AU Angkatan ke-94 diikuti 15  siswa.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: