HUT Pomau ke-71: Tugas Polisi Militer Angkatan Udara Tidak Ringan

Tuntutan tugas yang dibebankan kepada Polisi Militer Angkatan Udara (Pomau) tidaklah ringan. Selain melaksanakan tugas yang sudah ditentukan TNI, juga melaksanakan amanat Undang-Undang Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti penegakan hukum disiplin dan tata tertib Prajurit.

Tugas-tugas tersebut untuk menjamin adanya ketertiban, kedisiplinan dan kepatuhan prajurit TNI AU terhadap ketentuan dan aturan hukum yang berlaku.

KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan hal tersebut dalam amanat tertulisnya yang disampaikan Komandan Puspomau Marsma TNI Agung Handoko pada upacara Peringatan HUT Pomau ke-71 di Mapomau, Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu (1/11/2017).

KSAU menjelaskan, sebagai penegak hukum dan tata tertib, prajurit Polisi Militer Angkatan Udara diharapkan dapat menunjukkan eksistensinya dan mampu melaksanakan fungsinya sesuai hukum, undang-undang, dan peraturan yang berlaku.

Prajurit Pomau harus bertindak secara independen dan mandiri dalam melaksanakan proses penegakkan hukum dengan mengedepankan hukum sebagai panglima dan selalu menghindarkan diri dari kecongkakan kekuasaan (arrogance of power) dan penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power), yang dapat merusak citra Polisi Militer Angkatan Udara selaku penegak hukum.

”Sejalan dinamika tantangan tugas yang berkembang begitu cepat, insan prajurit Polisi Militer Angkatan Udara dituntut menjadi contoh dan tauladan bagi seluruh personel Angkatan Udara dimanapun ditempatkan, dengan tidak membuat pelanggaran sekecil apapun, baik dalam kedinasan maupun dalam kehidupan sehari-hari,” jelas KSAU.

Berkaitan hal tersebut, Polisi Militer Angkatan Udara harus pro aktif dalam melaksanakan tugas untuk mendeteksi, mencegah, dan menangani setiap pelanggaran yang dilakukan prajurit TNI AU.

“Personel Polisi Militer Angkatan Udara harus mampu berinovasi serta beradaptasi dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang dengan pesat. Hal demikian hanya dapat dilaksanakan apabila sosok Prajurit Polisi Militer Angkatan Udara memiliki etos kerja: mampu bekerja melebihi panggilan tugasnya,” ungkap KSAU.

Peringatan HUT Pomau ke-71 kali ini mengangkat tema “Dengan Dilandasi Jiwa Ksatria, Militan, Loyal dan Profesional, Polisi Militer Angkatan Udara Siap Mendukung Pelaksanaan Tugas TNI Angkatan Udara”.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: