50 Kapal Perang dari 42 Negara akan Terlibat Latihan Komodo 2018

TNI AL akan kembali menggelar latihan berskala internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018. Direncanakan latihan akan dilaksanakan pada Mei 2018 di Lombok.

Sebagai persiapan awal latihan, Komandan Gugus Tempur Laut Armada RI Kawasan Timur (Danguspurlatim) Laksma TNI Rachmad Jayadi selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) MNEK 2018, memimpin rapat persiapan Mid Planning Conference (MPC) di atas KRI Teluk Bintuni-520 yang tengah sandar di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Jumat (03/11/2017).

Rapat dihadiri seluruh panitia untuk membahas persiapan MPC.

Kegiatan rapat diawali paparan dari ketua panitia MPC Kolonel Laut (P) Rudhi Aviantara dilanjutkan paparan masing-masing kepala bidang.

Mid Planning Conference sebagai persiapan Latihan Komodo 2018. Foto: Dispenal

Kegiatan MPC akan dilaksanakan dari 6-8 November 2017 di Jakarta dan dihadiri delegasi dari 28 negara.

Ke-28 delegasi negara yang akan hadir adalah Singapura, Australia, Timor Leste, Selendia Baru, Rusia, Belanda, Mexico, Inggris, Peru, Myanmar, Polandia, Uni Emirat Arab, Filipina, Jepang, Spanyol, Brunei, Vietnam, Amerika Serikat, Thailand, China, Korsel, Jerman, Malaysia, Sri Langka, Brazil, Kanada, dan Papua New Guinea.

Selanjutnya para delegasi selama kegiatan konferensi yang berlangsung selama tiga hari akan membahas berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan pada MNEK 2018.

Kegiatan pembahasan dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama akan membahas masalah Protokoler, Latihan, Fleet Inspection, ENCAP, MEDCAP, dan Potmar.

Sedangkan pada sesi kedua akan membahas Maritime Hospitality, Community Activity, Logistic, Aviation and Security.

Latihan Komodo Exercise 2018 yang akan dilaksanakan awal Mei 2018 rencananya akan mengundang Angkatan Laut dari 42 negara sahabat. MNEK 2018 juga akan melibatkan kurang lebih 50 kapal perang dan lebih dari 5.500 prajurit.

Kegiatan latihan ini ditujukan untuk melatih kerja sama antar angkatan laut dalam melakukan bantuan kemanusiaan, seperti menghadapi bencana alam, penyelundupan manusia, dan bakti kesehatan (MEDCAP).

Sebelum dilaksanakan kegiatan MPC di Jakarta sebagai rangkaian kegiatan MNEK 2018 ke-3, kegiatan rapat pendahuluan atau Initial Planning Conference (IPC) telah dilaksanakan pada 9-21 Juli 2017 di Surabaya dengan dihadiri oleh 17 delegasi negara.

Acara yang dibuka oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksda TNI Darwanto selaku Direktur Latihan (Dirlat), sekaligus sebagai tanda resmi dimulainya rangkaian kegiatan MNEK 2018 ke-3.

Sebelumnya kegiatan serupa telah dilaksanakan yaitu Multilateral Naval Exercise Komodo 2016 ke-2 di Padang dan Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 ke-1 di wilayah Batam.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s