Dispenau Asah Kepekaan Medsos 20 Bintara Penerangan TNI AU

Tak dipungkiri lagi, peran media saat ini sangat besar dalam semua segi kehidupan kita. Dengan perkembangan teknologi internet, komunikasi menjadi begitu mudah dan media sosial menjadi cara paling mudah untuk menyampaikan informasi.

Namun karena begitu mudahnya, tidak sedikit pula warga netizen yang memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan berita tidak benar.

Situasi itulah yang disampaikan Sekretaris Dinas Penerangan TNI AU (Sesdispenau) Kolonel Adm Bejo Suprapto, saat menerima 20 siswa Kursus Bintara Manajemen Kejuruan (Susbamenjur) Penerangan Angkatan ke-8 yang melaksanakan Latihan Teknis (Latis) di Dispen Mabesau Cilangkap.

Siswa Susbamenjur diterima Sesdispenau didamping para Kasubdis dan pejabat Dispenau, Rabu (8/11/2017).

Kolonel Adm Bejo Suprapto berharap para siswa Susbamenjur Penerangan A-8 dapat menyerap ilmu yang diajarkan para instruktur selama Latis di Dinas Penerangan untuk dapat diaplikasikan di kedinasan masing-masing.

Dikatakan, melihat situasi yang berkembang saat ini, dimana kejadian dalam detik itu, saat itu juga akan muncul di media sosial. Hal ini sangat sulit dikendalikan dan itu dirasakan bersama.

Kondisi tersebut sangat serius dan berdampak pada komunitas penerangan.

Tahapan untuk menanggulangi masalah krisis yang terjadi ini memang sulit sekali, walaupun pada akhirnya akan fade the way artinya akan hilang begitu saja, tapi itu bukan cara terbaik.

“Ada beberapa konsep yang pernah diajarkan instruktur. Sebetulnya penerangan yang terbaik adalah sikap kita di depan masyarakat. Jadi tatkala kita mampu memberikan contoh yang baik itulah penerangan yang terbaik dan itu menjadi kata kunci,” ujarnya.

Bagi prajurit yang mengunggah foto semua kegiatan lalu dipajang sehingga muncul di media sosial, dan menjadi viral, sebenarnya bisa menjadi bumerang yang recovery-nya sangat sulit. Untuk itu semua pejabat dan personel Dispenau berperan aktif untuk menganalisisnya.

Sesuai permintaan dari pimpinan yang perlu ditindaklanjuti, adalah membentuk komunitas penerangan yang super dan berkualitas. Yaitu memberikan semangat dan inspirasi kepada semua prajurit TNI AU untuk tidak saling menyalahkan, sehingga berita yang muncul adalah berita yang memberikan inspirasi dan semangat kepada prajurit di medan tugas.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: