Rudal C-705 dan Torpedo SUT Melesat, dalam Sekejap eks KRI Karimata Hancur Lebur

TNI AL berhasil melaksanakan uji coba penembakan sejumlah senjata strategis di Perairan Laut Bali,  Jumat (17/11/2017). Meliputi penembakan rudal C-705 dan torpedo SUT (Surface and Underwater Target).

Penembakan rudal C-705 berhasil diluncurkan dari KRI Kujang-642 Satuan Kapal Cepat Koarmabar (Satkat Koarmabar) dengan berhasil mengenai tepat pada sasaran eks KRI Karimata-960.

Dilanjutkan penembakan torpedo SUT dari kapal selam KRI Nanggala-402 dari Satuan Kapal Selam (Satsel) Koarmatim. Tembakan kedua berhasil menenggelamkan sasaran.

Uji coba penembakan berjalan sukses. Foto: Dispenal

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangkaian uji coba penembakan rudal C-705 oleh KRI Kujang-642 dan KRI Clurit-641 serta penembakan torpedo SUT oleh KRI Nanggala-402.

Ketiga KRI tergabung dalam Satuan Tugas Uji Coba Penembakan Rudal C-705 dan Torpedo SUT. Sebagai Dansatgas Penembakan adalah Kolonel Laut (P)  I G.P. Alit Jaya yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmabar.

Kegiatan uji coba disaksikan oleh KSAL Laksamana TNI Ade Supandi didampingi Asops KSAL, Aslog KSAL, Pangarmabar, Pangarmatim serta Pangkolinlamil dari atas geladak KRI Teluk Bintuni-520.

Selain dalam rangka menguji keandalan dan daya hancur kedua senjata, juga untuk menguji kemampuan integrasi peralatan sensor dan sistem kendali senjata yang baru yaitu CMS MSI-90U MK Kongsberg.

Kapal yang dijadikan sasaran meledak dihantam rudal. Foto: Dispenal

Sebelum penembakan, Satgas telah melaksanakan persiapan secara matang dari mulai persiapan teknis peralatan serta persiapan kemampuan prajurit dengan melaksanakan latihan taktis.

Berupa prosedur penembakan rudal dan torpedo, prosedur pengoperasian fire control system di KRI Nanggala-402, KRI Clurit-641 dan KRI Kujang-642 serta melaksanakan Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka memantapkan rencana taktis yang telah disusun pada saat tahap persiapan.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: