Resmikan Kolam Ikan Tirto Kencono Lanud Adi Soemarmo, KSAU: Semoga Barokah

Dalam kunjungannya ke Lanud Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah siang ini, Senin (20/11/2017), KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berkesempatan melakukan panen ikan Nila di kolam milik Lanud Adi Soemarmo.

Dalam sambutananya sebelum melakukan panen, KSAU mengatakan bahwa dirinya sudah menerima penjelasan dari Komandan Lanud Kolonel Pnb Muhammad Tonny Hardjono bagaimana proses pembuatan kolam ini.

“Saat saya jadi Danlanud, sudah kepikiran bagaimana membuat kolam ini untuk anggota. Tujuannya untuk memitigasi anggota yang punya hobi mancing, dari pada harus jauh-jauh ke Gajah Mungkur, Waduk Cengklik, Gunung Kemukus, lebih baik mancing di sini,” ujar KSAU yang disambut tawa anggota Lanud.

Hadi berharap keberadaan kolam ikan ini tidak hanya bisa mengisi kegiatan anggota yang hobi mancing, tapi juga bisa dikonsumsi oleh anggota dan siswa serta memiliki nilai ekonomis.

Menurut Komandan Lanud, saat ini terdapat sekitar 110.000 ikan Nila di dalam kolam, yang sudah dipelihara sekitar empat bulan.

Tidak hanya meninjau dan melakukan panen, KSAU juga memberikan nama untuk kolam ikan ini.

“Air itu berarti tirto dalam bahasa Jawa, sedangkan ikan Nila yang seperti emas itu kencono, jadi kolam ikan ini saya beri nama Tirto Kencono. Semoga barokah,” ujar KSAU disambut tepuk tangan segenap anggota Lanud yang hadir.

KSAU dan Ibu Nanny Hadi Tjahjanto meninjau kolam ikan Lanud Adi Soemarmo. Foto: beny adrian

Hadi pernah menjadi Komandan Lanud Adi Soemarmo periode 2010-2011. Sehingga kedatangan KSAU kali ini ibarat reuni dengan para anggota Lanud. Beberapa kali terucap dari mulut KSAU nama-nama anggota Lanud yang tentunya spesial di mata KSAU.

Kepada segenap anggota Lanud, KSAU berharap kolam ikan ini bisa dijadikan contoh pengelolaan lahan yang bernilai positif.

“Nanti saya bilang ke Gubernur AAU, karena lahan di sana juga bagus, supaya menghasilkan ikan Nila yang bsia dikonsumsi taruna, ikan yang sehat,” kata KSAU.

“Tolong dipelihara kolam ini dan dijaga, karena saya tahu di sini ada ulo sowo dan biawak, jangan sampai nanti ularnya gemuk ikan habis, jadi nanti tolong dijaga ya Pak Nono,” tutur Hadi sambil menunjuk anggota Lanud bernama Nono yang dikenalnya jago tembak.

Besok pagi, Selasa (21/11/2017), KSAU direncanakan akan menutup pendidikan Stukpa (Sekolah Pembentukan Perwira) Angkatan 20 di Lanud Adi Soemarmo.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s