Sukses Terbang Perdana A-100, Rusia Segera Miliki AWACS Terbaru

Terbang perdana itu penting dan menentukan. Rusia berhasil menerbangkan prototipe pertama pesawat Beriev A-100 Airborne Warning And Control System (AWACS) yang dikembangkan dari Ilyushin Il-76MD-90A (Il-476).

Pesawat terbang perdana pada 18 November 2017, dan diumumkan ke publik pada 20 November.

A-100 Premier, sesuai nama yang diberikan Menhan Federasi Rusia, melakukan terbang perdana di Taganrog Aviation Scientific and Technical Complex (TANTK), berlokasi di dekat Laut Azov di bagian dari Rusia.

Menurut Kemhan Rusia, semua sistem pesawat termasuk radar model putar yang melekat di punggung pesawat (rotating dorsal rotodome), dipantai selama penerbangan.

Penerbangan perdana ini dilakukan tiga tahun setelah Rusia mengumumkan bahwa airframe pesawat Il-76MD-90A telah tiba di fasilitas TANTK untuk dikonversi menjadi A-100 AWACS pada 2014, yang berarti enam tahun setelah rencana ini pertama kali diumumkan pada 2011.

A-100 AWACS akan gantikan generasi A-50 Rusia. Foto: aviationanalysis.net

A-100 dibuat untuk menggantikan A-50 dan A-50U yang dikembangkan dari pesawat angkut IL-76.

Dari sedikit detail A-100 pernah dirilis, disebutkan bahwa A-100 akan menggunakan radar AESA (active electronically scanned array), sebagai penerus dari mechanically scanned radar yang saat ini digunakan A-50 Mainstay  yang akan digantikannya.

Radar AESA dikembangkan oleh Vega Concern, yang ditempatkan di kubah putar yang dipasang di dua struts di atas badan pesawat.

Radar telah ditingkatkan kemampuannya untuk melacak target yang bergerak cepat. Dengan peningkatan terbaru, rotodome berputar setiap 5 detik sekali.

Radar ini sebut bisa mendeteksi target terbang pada jarak 600 km, dan kapal pada jarak 400 km.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s