Demi Kenyamanan Anggotanya, Dandim Jakarta Pusat Renovasi Rumdis Jadi Mess Kodim

Dinamika tugas di lapangan yang harus dijalani anggota TNI, terkadang memang tidak terduga. Karena itu kesiapan diri setiap anggota baik fisik dan mental, haruslah sempurna. Sehingga apapun bentuk tugas yang diterima, bisa dilaksanakan secara baik dan berhasil.

Namun terkadang dinamika yang begitu cepat membuat anggota TNI juga merasakan keletihan. Dalam bahasa gaulnya disebut, TNI juga manusia biasa yang bisa capek.

Hal itu diceritakan Dandim 0501/Jakarta Pusat BS Letkol Inf Edwin Adrian Sumantha saat meresmikan Mess Kodim 0501/Jakarta Pusat BS yang berada di KPAD Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (23/11/2017).

“Pada saat saya menjabat Dandim 0501/Jakarta Pusat BS untuk kedua kalinya, saya diberikan serah terima berupa satu rumah dinas (Rumdis) oleh pejabat Dandim yang lama. Kemudian saya berpikir, alangkah baiknya kalau Rumdis ini dijadikan Mess Kodim 0501,” jelas Edwin menceritakan awal mula rencana pembuatan Mess Kodim ini.

Pemikiran ini muncul didasarkan pengalamannya sewaktu menjabat Dandim 0501/Jakarta Pusat BS periode pertama.

Saat itu, intensitas tugas sangat padat. Banyak event baik berskala nasional maupun internasional harus dilaksanakan.

Dandim 0501 membubuhkan tanda tangan saat peresmian Mess Kodim 0501. Foto: Kodim 0501

Seperti proses tahapan Pilpres 2014 sampai Pelantikan Presiden/Wapres Terpilih, KTT Asia Afrika, dan maraknya berbagai aksi unjuk rasa di wilayah Jakarta Pusat.

Edwin ingat betul, disebabkan padatnya kegiatan ini membuat sebagian besar anggota Kodim kurang istirahat. Karena setelah menjalankan tugas begitu padat, mereka harus kembali ke rumah masing-masing yang sebagian besar tinggal di luar Jakarta. Seperti Cileungsi, Cibarusah, Bogor, dan bahkan Serang.

Ketika waktu istirahat belum cukup, mereka sudah harus bangun lebih awal agar bisa sampai di Kodim sesuai waktu yang ditentukan. Begitu terus bergulir setiap hari.

“Karena tempat tinggal mereka relatif jauh, tentunya waktu istirahat anggota sangat kurang, karena harus menempuh perjalanan jauh menuju tempat tinggalnya masing-masing dan kembali lagi ke kantor, sedangkan pengamanan VVIP dan aksi unjuk rasa dinamikanya sangat tinggi sekali di wilayah Jakarta Pusat,” tegas alumni Akmil 1997 ini.

Atas dasar pengalaman di periode pertama itulah, Edwin langsung memutuskan menjadikan rumdis ini sebagai Mess Kodim 0501.

“Saya berharap Mess Kodim ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat singgah anggota, sehingga mereka bisa beristirahat dengan cukup dan akhirnya dapat melaksanakan dinas dengan baik,” tegas Edwin saat meresmikan Mess Kodim.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim juga menyampaikan bahwa proses rehab Mess Kodim 0501/Jakarta Pusat BS telah disampaikan dan dipaparkan kepada Pangdam Jaya Mayjen TNI Jaswandi.

Tak lupa Dandim mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu terealisasinya proses rehab Mess Kodim 0501/Jakarta Pusat BS.

Semoga dengan adanya Mess Kodim ini dapat meningkatkan kinerja anggota Kodim 0501/Jakarta Pusat BS dalam melaksanakan berbagai tugas, guna mewujudkan Jakarta Pusat yang aman dan nyaman.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s