KSAL Terima Penghargaan Pingat Jasa Gemilang dari Singapura

0

KSAL Laksamana TNI Ade Supandi menerima penghargaan militer Pingat Jasa Gemilang dari Presiden Republik Singapura Halimah Yacob.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pertahanan Singapura Dr Ng Eng Hen kepada KSAL di Kementerian Pertahanan Singapura, Jumat(24/11/2017).

KSAL dianugerahi penghargaan Pingat Jasa Gemilang (Meritorious Service Medal) karena kontribusinya yang luar biasa dalam menjalin hubungan dan persahabatan yang baik antara TNI AL dan Angkatan Laut Republik Singapura (RSN).

Sejak kepemimpinan Laksamana TNI Ade Supandi, hubungan TNI AL dan RSN dari waktu ke waktu semakin meningkat dan terjalin lebih erat melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan bersama.

Antara lain navy to navy talk (NTNT), latihan, pertukaran perwira dan penyelenggaraan berbagai kursus masalah port calls.

KSAL menerima penghargaan Pingat Jasa Gemilang dari Singapura. Foto: Dispenal

Pada akhir Maret lalu, TNI AL dan RSN juga telah merayakan lebih kurang 40 tahun hubungan kerjasama bilateral antar angkatan laut kedua negara.

Selain itu, kedua angkatan laut juga pernah sama-sama menjadi tuan rumah latihan penyapuan ranjau Pasifik Barat ke-6 pada Agustus 2015 yang melibatkan 16 negara. Juga bekerjasama dan berpartisipasi dalam misi bakti sosial yang dilaksanakan di Indonesia dalam payung kegiatan Surya Bhaskara Jaya (SBJ).

KSAL berkomitmen kuat untuk memperdalam kerja sama bilateral di bidang keamanan maritim, terbukti dalam dukungannya terhadap Patroli Selat Malaka untuk melawan pembajakan di Selat Malaka dan Singapura.

Di bawah pimpinan Laksamana Ade Supandi, TNI AL juga berpartisipasi dalam Pameran Pertahanan Maritim Internasional dan Konferensi Asia 2017 dan peringatan International Maritime Review RSN.

“Saya sangat senang dan merasa terhormat untuk menerima Pingat Jasa Gemilang, dan ini menandai hubungan yang erat antara kedua negara sejak 50 tahun yang lalu,” ujar KSAL.

Selama berada di Singapura dari 23-24 November 2017, KSAL mengunjungi Menteri Pertahanan Singapura Dr Ng Eng Hen, Panglima Angkatan Pertahanan Letnan Jenderal Perry Lim, dan Kepala Angkatan Laut Laksamana Lew Chuen Hong.

Sebelum penerimaan penghargaan, KSAL memeriksa pasukan di kantor Kementerian Pertahanan Singapura.

Diberikan sejak 1962, Pinggat Jasa Gemilang sudah diberikan kepada 21 orang yang dianggap berjasa dalam hubungannya dengan Singapura. KSAL adalah penerima ke-21.

 

Teks: beny adrian

Share.

About Author

Being a journalist since 1996 specifically in the field of aviation and military

Leave A Reply