TNI AU Asah Kemampuan Hadapi Ancaman Pernika dalam Cyber Phoenix 17

Latihan Peperangan Elektronika (pernika) dan Pertahanan Cyber Phoenix 17 yang dilaksanakan dari 21-23 November 2017, resmi ditutup oleh Wakil Asisten Operasi (Waasops) KSAU Marsma TNI Anang Nurhadi, Senin (27/11/2017).

Latihan melibatkan unsur Posko Mabesau, Command Center selaku pengawas dan pengendali, Posko Iswahyudi, Posko Satrad 215 dan unsur Paskhas yang terdiri dari Posko Denhanud 474 Paskhas dan Bravo 90 Paskhas sebagai pelaku.

Command center dipimpin Askomlek Kas Korpaskhas Kolonel Lek. C. Akbar. H. Posko Denhanud dipimpin Dandehanud 474 Letkol Pas Fajar Ardi Kriswanto yang menggelar satu unit radar mobile Smart Hunter, satu pucuk rudal Chiron, dan dua pucuk rudal QW-3.

Latihan pada hari pertama melaksanakan operasi penginderaan oleh Satrad 215 terhadap Lassa X atau pesawat musuh yang akan menyerang dan gelar hanud dari unsur Denhanud.

Kegiatan hari kedua dilaksanakan di Lanud Iswahyudi, yaitu penindakan terhadap serangan cyber berupa pemancar liar yang bertujuan menggangu komunikasi, dan kegiatan penyadapan terhadap komunikasi musuh.

“Penyelenggaraan latihan ini dapat dijadikan sebagai pengalaman dalam penugasan nantinya, demikian juga evaluasi diperlukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas latihan baik latihan perorangan, latihan satuan maupun latihan antar satuan di masa-masa mendatang,” tegas Waasops KSAU mengakhiri sambutannya.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: