US Army Segera Terima XM17 Modular Handgun System

Pejabat urusan senjata Angkatan Darat Amerika Serikat (AD AS, US Army) telah mulai mengirimkan Modular Handgun System (MHS) terbaru sesuai rencana penggantian pistol (sidearm) hingga ke jabatan terendah yaitu komandan tim.

Prajurit dari 101st Airborne Division (Air Assault) di Fort Campbell, Kentucky mulai menerima XM17 MHS pada Senin (27/11/2017) dan langsung menggunakannya dalam latihan menembak hari itu juga.

Sebelumnya pada 17 November, Divisi 101 menerima lebih dari 2.000 MHS dan akan menggunakannya mulai tahun depan.

Kepala Staf AD AS Jenderal Mark Milley dan Senator Tom Cotton, hadir pada saat penyerahan awal MHS untuk sekitar 25 prajurit dari 1st Battalion, 506th Infantry Regiment.

SiG Sauer P320 terpilih sebagai pemenang kompetisi XM17 MHS. Foto: wikipedia

AD AS memberikan kontrak kepada SiG Sauer senilai 580 juta dolar AS pada 19 Januari 2017. Dalam kompetisi merebut kontrak MHS ini, SiG Sauer mengalahkan Glock Inc., FN America, dan Beretta USA yang membuat pistol M9 kaliber 9mm yang saat ini digunakan.

Dalam kerjasama 10 tahun ini, SiG Sauer akan memasok AD AS dengan pistol XM17 dan versi kompak XM18 kaliber 9mm. MHS menggunakan pembidik Tritium dengan magasin kapasitas 17 dan 21 peluru.

Salah satu tantangan menempatkan MHS adalah mengembangkan program pelatihan, karena seruan khusus kepada para level komandan. Hal itu disadari oleh Divisi 101, karena mereka tidak pernah melakukan sebelumnya.

Karena itu AD AS akan segera menyiapkan silabus pelatihan sesuai standar operasi. Yaitu bagaimana melatih melakukan transisi dari pistol ke senapan M4 atau sebaliknya. Divisi 101 berencana akan meningkatkan latihan menembak pistol, meski sudah diakui tidkalah sulit menggunakan XM17 dan XM18.

Kompeitisi XM17 MHS dilakukan oleh AD AS dan AU AS untuk memperoleh pistol model baru. MHS diajukan oleh melalui Request for Proposals pada September 2015 sebagai antisipasi mengganti pistol Beretta M9 dan SiG Sauer M11 yang digunakan AD AS.

Marinir AS berpartispasi dalam program ini, namun memutuskan tidak akan membeli sampai pistol yang saat sekarang digunakan habis masa pakainya pada pertengahan 2020.

Kompetisi pertama kali diumumkan pada 2011. SiG Sauer diumumkan sebagai pemenang pada 19 Januar1 2017. Keputusan ini sempat diprotes Glock dengan mengajukan keberatan kepada Government Accountability Office.

Sebagai pememangn kompetisi, SiG Sauer P320 dipilih untuk mengisi kebutuhan model full size dan versi kompak dari AD AS.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s