KSAU Tinjau Kesiapan JAT di Sail Sabang 2017: Hati-hati, Utamakan Keselamatan

Sehari sebelum Wakil Presiden Juuf Kalla menghadiri Sail Sabang 2017 di Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam, KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau kesiapan Lanud Maimun Saleh di Sabang, Jumat (1/12/2017).

Dalam peninjauannya, KSAU menemui langsung para penerbang JAT (Jupiter Aerobatic Team) yang dipimpin oleh Letkol Pnb Kisha. Turut mendampingi tim JAT, Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Novyan Samyoga.

Kondisi cuaca di seputaran Aceh dalam satu minggu terakhir ini memang kurang bersahabat. Hujan terus turun, langit gelap dengan awan cumulonimbus terserak merata. Kondisi ini akhirnya memaksa JAT membatalkan penampilan perdananya pada Kamis (30/11/2017).

KSAU meninjau fasilitas Lanud Maimun Saleh. Foto: beny adrian

Sesuai jadwal, JAT akan tampil pada Kamis dan Sabtu. Namun untuk mengobati hati warga Sabang dan Aceh umumnya yang begitu antusias, akhirnya siang ini JAT tampil di hadapan warga Sabang.

Karena itu saat menemui para penerbang JAT, KSAU hanya berpesan untuk hati-hati. “Hati-hati ya, utamakan keselamatan,” ujar KSAU kepada para penerbang.

Hari ini KSAU datang ke Aceh untuk menghadiri undangan Sail Sabang 2017. Pesawat Boeing B737-500 A-7306 yang ditumpangi KSAU dan rombongan, langsung disambut hujan saat mendarat di Lanud Sultan Iskandar Muda.

Di Lanud Sultan Iskandar Muda, KSAU meninjau sejumlah fasilitas yang ada di Lanud.

Cukup lama KSAU mengunjungi fasilitas pendukung operasional pesawat. Seperti  GSE, mobil bahan bakar, gudang senjata dan gudang amunisi lama serta bangun baru yang akan dijadikan gudang senjata dan amunisi Lanud.

KSAU juga mengecek kelaikan dan kecukupan shelter jika menampung pergerakan pesawat tempur.

“Kita ada rencana menempatkan pesawat tempur di sini, Sabang ini kan corong barat, jadi harus dijaga pesawat tempur,” ujar KSAU.

Dari panjang shelter yang ditinjau KSAU, disimpulkan memang tidak bisa digunakan untuk menampung pesawat F-16 Fighting Falcon. Apalagi Su-27/30 Flanker.

Menurut Asops KSAU Marsda TNI Barhim, shelter ini dulu digunakan untuk menampung pesawat Hawk 109/209 dan OV-10 Bronco. “Bahkan dulu pernah ujung sayap Bronco senggolan,” ujar Barhim.

Saat mengunjungi Kompi Senapan C Batalyon Komando 469 Paskhas, KSAU mengecek persenjataan yang digunakan Kipan C. KSAU meminta personel Paskhas untuk terus berlatih kemampuan mengoperasikan persenjataan yang ada.

KSAU memeriksa kesiapan senjata di Kipan C Yonko 469. Foto: beny adrian

Tak lupa KSAU berdialog dengan para prajurit Kipan C, menanyakan berbagai macam hal kepada prajurit, terutama soal keluarga mereka. “Saya minta semua anggota membawa keluarganya ke tempat tugas, jangan ada yang terpisah, harta yang paling berharga buat kalian itu adalah keluarga. Jadi tolong dijaga,” ujar Hadi.

KSAU juga menanyakan kepada Komandan Kompi C Kapten Pas Iman Kuswandi, kesempatan sekolah yang harus diikuti anggota Kompi C. Baik prajurit, tamtama, bintara maupun perwira.

“Jaga kesehatanmu, jaga badanmu, siapkan dirimu, sekarang tidak ada lagi model titip-titipan, kalau tidak lulus yang tidak bisa sekolah,” ucap KSAU. Menjelang shalat Jumat, KSAU memberikan arahan kepada seluruh anggota Lanud Sultan Iskandar Muda dilanjutkan makan siang bersama.

Setelah melaksanakan peninjauan di Lanud Sultan Iskandar Muda, KSAU dan rombongan terbang ke Sabang menggunakan pesawat CN-295.

Cuaca yang tidak menentu sempat menunda keberangkatan hampir tiga jam.

Besok pagi direncanakan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan menghadiri Sail Sabang 2017.

Sail Sabang akan dimeriahkan dengan tari kolosal Malahayati, paramotor show, terjun payung prajurit TNI dan Polri serta JAT. Setelah itu Wapres akan mengunjungi KRI Bimasuci dan meresmikan proyek Aqua Culture.

Momen Sail Sabang 2017 juga digunakan untuk mengukuhkan Sabang sebagai International Marine Tourism Hub.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s