Koper Mencurigakan, Anggota TNI AU Berhasil Gagalkan Pengiriman Miras di Bandara Sentani

Puluhan botol minuman keras (miras) ditemukan di dalam tiga koper di terminal kedatangan Bandara Sentani oleh Satuan Tugas Pengamanan Bandara, Kamis (14/12/2017). Satgas langsung mengamankan miras yang rencananya akan diselundupkan ke Wamena.

Puluhan botol miras impor berbagai jenis ini disembunyikan dalam tiga koper penumpang dengan inisial SG.

Kejadiannya bermula saat dilaksanakannya boarding barang di konveyor belakang ruang kedatangan, petugas loader mencurigai tiga koper penumpang.

Petugas melaporkan kepada Koptu Asrofi dan Serda Yusuf, anggota Satgas Paskhas Pamrahwan Papua atas kecurigaan mereka.

Dari pengecekan secara manual, ditemukan 42 botol minuman dengan rincian: 13 botol Royal Brewhouse, 12 Red Label 750ml, 4 botol Red Label 375 ml, 4 botol Chivas, 5 botol Martell, dan 4 botol Myer’s Rum.

Rencananya miras ini akan diselundupkan ke Wamena menggunakan pesawat Wings Air IW1631.

Selanjutnya barang-barang haram itu dibawa ke Posko Keamanan Bandara Sentani untuk ditindaklanjuti guna pendalaman untuk diserahkan kepada kepolisian.

Letkol Pas Banu Kusworo menyampaikan, pihaknya bersama aparat terkait akan selalu bekerja sama dan merapatkan barisan dalam menutup rapat-rapat celah pelanggaran dan penyelundupan miras, petasan dan lainnya yang sudah diatur dalam Undang-undang.

Pada kesempatan lain, Komandan Lanud Jayapura, Kolonel Pnb M. Yani Amirullah menyampaikan bahwa jajarannya selalu mendukung penuh pelaksanaan Perda tentang pelarangan miras yang telah dikeluarkan Gubernur Provinsi Papua.

Sebagai Dansatgas Pengamanan Bandara, Danlanud membawahi seluruh satuan yang bertugas dalam pengamanan bandara termasuk intelijen, POM AU, Satgas Paskhas Pamrahwan Papua, Koramil 1701-01 Sentani, dan Polsek Kawasan Bandara Sentani.

“Saya memerintahkan kepada seluruh jajaran TNI-AU yang ada di Jayapura, khususnya yang terlibat dalam Satuan Tugas Pengamanan Bandara Sentani, untuk selalu waspada terhadap pelanggaran yang mungkin terjadi di dunia penerbangan,” tambah Danlanud.

Sebelumnya dalam kasus terungkapnya rencana menyelundupan miras menggunakan pesawat Hercules TNI AU, KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto langsung mengambil tindakan tegas.

“Kasus ini saya perintahkan untuk dibawa ke Jakarta, usut tuntas,” ujar KSAU beberapa waktu lalu.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s