Hankam

Adventure Motor Trail, Cara Unik Kodim 0616 Indramayu Jaga Situasi Pasca Pilwu

Pemilihan kepala daerah dari level tertinggi hingga terendah dalam sistem pemerintah kita, selalu diikuti potensi konflik yang tinggi. Kerawanan biasanya semakin meningkat pasca pengumuman pemenang. Sering terjadi muncul aksi protes dari pihak yang kalah, mulai dari protes formil hingga cenderung anarkis.

Kondisi inilah yang diwaspadai Komandan Kodim 0616/Indramayu, Jawa Barat, Letkol Kav Agung Nur Cahyono pasca pemilihan Kuwu (Pilwu) di wilayah Indramayu.

Kuwu adalah sebutan kepala desa di Kabupaten Cirebon. Pada dasarnya Kuwu dan Kepala Desa adalah sama. Kegiatan Pilwu dilaksanakan di 138 desa yang secara serentak memilih Kuwu masing-masing pada pada 13 Desember lalu.

Patroli bersama ini salah satu bentuk pelibatan masyarakat dalam menjaga ketertiban pasca Pilwu. Foto: Kodim 0616

“Pemilihan Kuwu kegiatan yang rawan konflik antar pendukung calon. Pasca pemilihan adalah waktu kritis karena kekecewaan pihak yang kalah dan berpotensi mengganggu keamanan wilayah,” ujar Dandim 0616 Letkol Agung.

Untuk itu, sebagai bentuk antisipasi, bersama mitranya Kapolres Indramayu AKBP Arif Fajarudin dan jajaran masing-masing, Dandim merangkul komponen masyarakat untuk mengadakan Adventure Motor Trail.

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk kebersamaan TNI-Polri dengan masyarakat ini, dimanfaatkan untuk melakukan patroli pengamanan pasca Pilwu/Pilkades di Kabupaten Indramayu.

“Dengan kegiatan ini, kami bisa memonitor dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat tentang situasi di wilayahnya,” jelas Agung.

Patroli bersama Dandim dan Kapolres bersama komunitas motor trail Indramayu itu, dilaksanakan pada Sabtu, 16 Desember 2017. Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.15 Wib ini, diikuti 50 orang.

Indramayu pun aman. Foto bersama peserta Adventure Motor Trail. Foto: Kodim 0616

Patroli dimulai dari Polres Indramayu dan menyusuri Tanggul Sungai Cimanuk (Kecamatan Sindang, Kecamatan Jatibarang, Kecamatan Tukdana), Perkebunan Tebu (Desa Kerticala dan Desa Amis), Situ Bolang di Desa Jatisura dan finish di RM Pesona Liyep desa Tugu Kecamatana Lelea.

“Alhamdulillah patroli bersama berjalan lancar, situasi pun aman terkendali,” ujar Agung.

 

Teks: beny adrian

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close