AWACS Kedua Pensiun, NATO Masih Sisakan 15 Mata di Udara

NATO akhirnya memensiunkaan pesawat kedua Boeing E-3A Airborne Warning and Control System (AWACS). Keputusan ini diumumkan oleh US Air Force’s 309th Aerospace Maintenance and Regeneration Group pada 13 Desember 2017.

Pesawat ini bergabung dengan E-3A terdahulu yang sudah menghuni “kuburan” pesawat di Davis-Monthan Air Force Base di Arizona pada Juni 2015.

Keputusan pensiun ini menyisakan NATO dengan armada 15 pesawat AWACS yang terbang dari Geilenkirchen di Jerman.

Pensiun ini terpaksa diambil atas tekanan anggaran terhadap Komponen E-3A. Pesawat ketiga dan keempat akan ditetapkan tiba di Davis-Monthan AFB dalam beberapa bulan mendatang.

Sejak dioperasikan tahun 1982, Komponen E-3A NATO telah berada di garis depan dalam berbagai misi baik militer, kemanusiaan, dan bantuan bencana (HADR).

Dengan 18 pesawat Boeing E-3A (satu hilang dalam kecelakaan tahun 1995), komponen ini telah mendukung operasi militer di Afghanistan, Balkan, Irak, Libya, Laut Tengah, Suriah, dan Turki.

Sisa 15 E-3A menjalani upgrade dalam program Global Air Traffic Management (GATM) untuk menjaganya agar bisa dioperasikan hingga 2035.

E-3 dibuat dari basis Boeing 707/320, dan dilengkapi dengan radome berputar berdiameter 9,1 meter di punggung pesawat.

Radar ini memiliki jangkauan lebih 400 km, artinya sebanding dengan wilayah udara seluas 500.000 kilometer persegi. Dengan radar ini, E-3 mampu melihat ke bawah, mendeteksi target, mengidentifikasi, serta menjejak target terbang rendah di atas darat dan lautan.

Awal 2017, NATO mengumumkan bahwa pihaknya mulai mencari opsi platform peringatan dini setelah E-3A pensiun dalam 20 tahun ke depan.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s