Mencapai Angkatan ke-7, Kostrad Kembali Didik Prajurit Spesialis Taipur

Prajurit berkemampuan Taipur (Intai Tempur) Kostrad dibentuk agar memiliki kemampuan khusus dalam melaksanakan tugas operasi di berbagai bentuk medan baik di rawa laut, hutan gunung, dan perkotaan.

“Sasaran yang ingin dicapai adalah terwujudnya prajurit Taipur Kostrad yang memiliki kemampuan khusus dalam melaksanakan tugas operasi lawan gerilya, pertempuran pemukiman dan perkotaan, pertempuran jarak dekat, tugas intelijen Sandhi Yudha serta intelijen tempur aspek laut,” ujar Panglima Kostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi.

Pangkostrad menutup Latihan Pembentukan Taipur VII Kostrad. Foto: Pen Kostrad

Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi menyampaikan hal itu saat menutup Latihan Pembentukan Taipur VII Kostrad 2017 di Lapangan Sub Detasemen Pemeliharaan Daerah Latihan  Subdenharrahlat) Kostrad Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (19/12/2017).

Menhan Ryamizard Ryacudu adalah penggagas sekaligus pendiri satuan Taipur pada tahun 2001, saat menjabat Panglima Kostrad. Pasukan ini dibentuk agar Kostrad memiliki satuan khusus dengan kualifikasi khusus yang mampu melaksanakan operasi pengintaian dan eksekusi langsung di sasaran.

Saat ini Kostrad telah memiliki satuan tempur berkualifikasi khusus, yaitu Satuan Para Raider, Satuan Raider dan Satuan Taipur.

Pembentukan Taipur ke-VII Tahun 2017 berjalan selama enam bulan. Sebelumnya telah diawali dengan pembentukan Taipur ke-1 pada 2001, pembentukan Taipur ke-2 tahun 2002, Taipur ke-3 tahun 2003, Taipur ke-4 tahun 2004, Taipur ke-5 tahun 2009, Taipur ke-6 tahun 2015, dan Taipur ke-7 tahun 2017.

Pangkostrad memberikan ucapan selamat kepada prajurit yang selesai latihan. Foto: Pen Kostrad

Satuan Taipur selain memiliki kemampuan tempur khusus juga dilengkapi peralatan tempur khusus, seperti alat selam tempur close circuit, kendaraan bawah air dan berbagai jenis senjata canggih lainnya.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s