Jokowi: Indonesia Miliki Menteri Perempuan Paling Banyak di Dunia

“Peran Ibu merupakan tonggak dari seluruh keberhasilan anak-anaknya. Ingat, setiap anak yang dilahirkan dari ibu adalah emas dan ibu jugalah yang mempertahankan anak sampai besar tetap menjadi emas, jadi peran ibu luar biasa,” ujar Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat menghadiri puncak peringatan Hari Ibu ke-89 di Waisai Torang Cinta (WTC) Raja Ampat, Papua, Jumat (22/12/2017).

Panglima TNI dan Ibu Nanny Hadi Tjahjanto serta sejumlah menteri perempuan, mendampingi Presiden Joko Widodo dalam peringatan Hari Ibu ini.

Dalam kesempatan tersebut, Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan secara singkat riwayat hidup dan perjalanan kariernya.

“Saya dilahirkan oleh seorang ibu yang benar-benar mempersiapkan anak-anaknya, walaupun dalam kondisi ekonomi kurang menguntungkan, tetapi dengan kesabaran dan kegigihan seorang ibu sehingga anaknya bisa menjadi seperti sekarang ini,” ucapnya.

Pada perayaan puncak Hari Ibu tahun 2017 ini, Panglima TNI menyampaikan harapan kepada kaum ibu Indonesia untuk menyiapkan generasi cerdas pembangunan bangsa dengan menanamkan nilai-nilai nasionalisme dalam rangka menuju Indonesia Emas.

“Ini merupakan peran ibu-ibu Indonesia untuk mempersiapkan anak-anak Milenia menyongsong Indonesia Emas pada tahun 2045,” tuturnya.

Pada peringatan Hari Ibu ini, Presiden Jokowi memberikan apresiasi yang tinggi kepada para ibu.

Saat memberikan sambutannya, Jokowi malah memanggil tiga orang ibu-ibu pedagang yang sengaja dihadirkan.

“Mereka inilah ibu-ibu yang hebat,” ujar Jokowi. Mereka adalah Mama (Ibu) Shana yang berjualan salak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mama Feli penjual pinang dengan penghasilan Rp 200.000 sehari dan dipakai untuk membiayai kuliah anaknya di Jakarta dan Bandung. Dan Mama Selina, berjualan sagu untuk buat papeda. Uang dagangnya saat ini digunakan untuk membangun bangun rumah.

Pujian dilontarkan Jokowi setelah mendengar langsung dari para mama, betapa uletnya mereka berusaha menghidupi keluarganya.

“Yang satu bekerja untuk memenuhi kebutuhannya. Satu lagi untuk membiayai kuliah anaknya di Jakarta dan Bandung. Satu lagi untuk membangun rumah,” ucap Jokowi memberi pujian.

Jokowi kemudian dengan spontan memborong barang jualan para mama ini.

Jokowi juga menyampaikan bahwa peran perempuan di Indonesia sangat tinggi. Bahkan Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan menteri perempuan paling banyak di dunia.

Di Kabinet Kerja, terdapat sembilan menteri perempuan. Yaitu Retno Lestari Priansari Marsudi (Menteri Luar Negeri), Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan, Siti Nurbaya Bakar (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Puan Maharani (Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), Sri Mulyani (Menteri Keuangan0, Nila F. Moeloek (Menteri Kesehatan), Khofifah Indar Parawansa (Menteri Sosial), Yohana Susana Yambise (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), dan Rini Mariani Soemarno (Menteri Badan Usaha Milik Negara).

Di pengujung sambutannya, Jokowi memanggil menteri perempuan yang hadir untuk membacakan puisi. Yaitu Retno Lestari Priansari Marsudi, Siti Nurbaya Bakar, Puan Maharani, Nila F. Moeloek, dan Yohana Susana Yambise.

“Baru lalu saya ketemu Presiden Putin di Rusia, dia bilang hanya punya satu menteri perempuan,” kata Jokowi.

Jadi, kata Jokowi, banggalah sebagai perempuan Indonesia. “Selamat Hari Mama,” ujar Jokowi yang disambut tepuk tangan riuh para mama yang hadir.

Meski cuaca cukup panas di lokasi acara yang berada di pinggir pantai itu, tidak mengurungkan niat Jokowi untuk berkeliling menyapa para mama dan konter pedagang yang menjajakan komoditi lokal.

 

Teks: beny adrian

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s