Menanti Keputusan Final, Boeing dan Embraer Berniat Merjer

Apakah ini indikasi melemahnya pertumbuhan ekonomi global dan semakin sempitnya pasar senjata dunia?

Mungkin sebelumnya terjadi, idustri pertahanan dan ruang anggkasa Amerika Serikat dan Brazil yaitu Boeing dan Embraer, mengumumkan pada 21 Desember 2017 bahwa keduanya sedang dalam pembicaraan untuk memutuskan kemungkinan merjer.

Sejumlah media Barat juga melaporkan bahwa Boeing dan Embraer telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang dalam pembicaraan untuk “kombinasi potensial”. Konfirmasi disampaikan menyusul sebuah laporan Wall Street Journal bahwa Boeing sedang dalam diskusi untuk mengambil alih badan udara Brasil tersebut.

Kedua perusahaan menekankan bahwa perundingan bersifat tentatif dan belum tentu diharapkan bisa menghasilkan transaksi.

Selain itu, pemerintah Brasil mempertahankan ‘pangsa emas’ Embraer yang mengendalikan, memberikan hak, dan juga pemegang saham utama perusahaan lainnya, untuk memveto setiap pengalihan kepemilikan.

Menyusul pemberitaan ini pada Kamis lalu, surat kabar Brazil Folha de S. Paulor melaporkan bahwa presiden Brazil, Michel Temer, menyatakan dukungannya untuk kemitraan antara perusahaan namun menolak prospek penjualan saham pengendali di Embraer.

Kesepakatan dengan Embraer ini tentu akan memberikan Boeing peluang baru di pasar jet regional, menyusul rencana Airbus yang diumumkan Oktober lalu untuk mendapatkan saham mayoritas dalam program Bombardier CSeries.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s