Tiga KRI Usai Hardepo Kembali Siap Menjaga Laut Wilayah Barat

Usai melaksanakan perbaikan dan pemeliharaan menyeluruh tingkat depo (hardepo), tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yaitu KRI Cut Nyak Dien-375, KRI Teluk Cirebon-543, dan KRI Siribua-859 dari jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), siap bertugas kembali di wilayah Koarmabar.

Kesiapan unsur laut tersebut ditandai acara penyerahan ketiga KRI dari Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksma TNI Ir. Aziz Ikhsan Bachtiar, M.Tr. (Han), kepada Koarmabar yang diwakili Asisten Logistik Pangarmabar Kolonel Laut (T) Budi Sulistyo.

Upacara ditandai pemberian cendera mata dari Kadismatal kepada Aslog Pangarmabar, yang dilaksanakan di Gedung Satkorarmabar, Pondok Dayung, Jakarta Utara, Rabu (27/12/2017).

Tiga KRI diserahkan Kadismatal Laksma Ir. Aziz Ikhsan Bachtiar kepada Aslog Pangarmabar Kolonel Laut (T) Budi Sulistyo. Foto: Dispenal

Dinas Material Angkatan Laut selaku koordinator pelaksana perbaikan menyelenggarakan hardepo meliputi pemeliharaan, sistem pendorongan, sistem bakap dan sistem bantu kapal.

Adapun hasil perbaikan dan modernisasi meliputi kecepatan maksimum KRI Cut Nyak Dien-375, dari sebelumnya 10,5 knot dan setelah hardepo meningkat menjadi 19 knot. Untuk KRI Teluk Cirebon-543 kecepatan meningkat dari 11,7 knot menjadi 13,5 knot, serta KRI Siribua-859 kecepatan meningkat dari 9,2 knot menjadi 16,7 knot.

Kadismatal selaku pembina teknis platform KRI dalam amanatnya menyampaikan bahwa keberhasilan kegiatan hardepo yang diselenggarakan ini merupakan buah jerih payah dari apa yang sudah direncanakan bersama.

“Saya harapkan dengan selesainya perbaikan ini kita dapat memelihara dan meningkatkan kondisi teknis terutama platform, sehingga keempat KRI ini mampu memikul beban tanggung jawab sebagai wahana prajurit matra laut dalam menjaga kedaulatan negara di laut sampai beberapa tahun ke depan selama daur hidupnya,” kata Kadismatal

Lebih lanjut Kadismatal menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama dan dukungan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan hardepo, sehingga dapat menyerahkan ketiga KRI ini kepada Kotama untuk selanjutnya dioperasikan kembali.

“Kepada Komandan KRI Cut Nyak Dien-375, KRI Teluk Cirebon-543, dan KRI Siribua-859 beserta seluruh anak buah kapal, saya ucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan hardepo,” ujar Kadismatal.

 

Teks: beny adrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: