Seoul Ajak Pyongyang Berunding, Mungkinkah Terjadi?

Seoul mengusulkan untuk mengadakan perundingan tingkat tinggi pada 9 Januari 2018 dengan Pyongyang di zona demiliterisasi antara kedua negara. Hal itu diungkap Menteri Unifikasi Korea Selatan Cho Myoung-gyon (2/1/2018).

Menteri Cho mengusulkan untuk mengadakan pembicaraan di Panmunjom, setelah Presiden Korea Utara Kim Jong Un mengungkapkan harapan bahwa atlet negara tersebut akan ambil bagian dalam Olimpiade mendatang yang akan diadakan di Korea Selatan.

Langkah ini disambut Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, yang telah menyatakan kesediaannya untuk mengizinkan partisipasi atlet Korea Utara dalam acara tersebut.

Negosiasi mungkin terjadi di tengah laporan oleh Kantor Berita Kyodo Jepang, yang mengklaim bahwa Tokyo sedang mempertimbangkan empat kemungkinan skenario militer di Semenanjung Korea.

Meliputi pertikaian di antara angkatan bersenjata Korea Utara dan Korea Selatan, serangan pendahuluan AS terhadap DPRK, invasi Korsel terhadap wilayah DPRK, dan serangan rudal Korut di Jepang.

Situasi di Semenanjung Korea semakin meningkat pada tahun lalu setelah Pyongyang melakukan sejumlah peluncuran rudal dan uji coba nuklir pada awal September.

Tindakan ini telah menghasut kritik keras dari masyarakat global, yang berusaha memberi tekanan pada Pyongyang melalui sanksi internasional.

Bereaksi terhadap sanksi PBB baru-baru ini yang diberlakukan di negara tersebut, khususnya, pembatasan impor minyak ke Pyongyang, Korut menyebut upaya ini sebagai “sebuah tindakan perang,” dengan AS berulang kali mengatakan bahwa hal tersebut mengenyampingkan kemungkinan solusi militer.

Solusi damai untuk masalah ini telah disarankan Rusia dan China. Kedua negara ini mendesak Pyongyang untuk mengumumkan moratorium uji coba nuklir dan peluncuran rudal.

Tidak hanya itu, kedua negara raksasa itu juga meminta Korsel dan AS untuk tidak melakukan latihan gabungan guna menstabilkan situasi di Semenanjung Korea.

 

Teks: beny adrian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s